Multivitamin. /Bloomberg
Health

8 Manfaat Konsumsi Multivitamin untuk Tubuh

Ni Luh Anggela
Selasa, 9 November 2021 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Multivitamin merupakan suplemen yang dirancang untuk membantu mengisi  kesenjangan nutrisi dalam makanan kita.

Selain membantu mengisi kesenjangan nutrisi,  menjadikan suplemen multivitamin sebagai bagian dari rutinitas harian dapat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dengan mendukung berbagai struktur dan fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, mata, otak dan bagian tubuh lainnya.
 
Lalu, hal positif apa saja yang bisa kita peroleh dari multivitamin? Berikut manfaat potensial yang bisa dirasakan dari multivitamin, melansir Mind Body Green, Selasa (9/11/2021).

1. Membantu memenuhi asupan nutrisi

Multivitamin dapat meningkatkan kecukupan berbagai vitamin dan mineral penting dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan multivitamin secara efektif membantu meringankan kekurangan zat gizi mikro, terutama jika dikonsumsi secara konsisten.

2. Dapat membuat Anda berumur panjang

Memenuhi kebutuhan nutrisi secara konsisten dapat mendukung kemampuan tubuh untuk dapat berfungsi dengan optimal dalam jangka panjang. Sebuah data menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah mikronutrien esensial yang tepat terkait erat dengan umur panjang. Ini karena zat aktif yang ada dalam multivitamin, seperti vitamin C dan E, glutathione, serta resveratrol, melawan stres oksidatif dan mendukung integritas serta ketahanan seluler,  semua mekanisme yang mendukung seseorang berumur panjang dan mencegah penuaan.

3. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Satu uji klinis double-blind, acak dan terkontrol baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi multivitamin dapat mendukung sistem kekebalan, terutama di antara mereka yang berusia di atas 55 tahun, dengan meningkatkan kadar vitamin C dan seng dalam darah.

4. Membantu mengoptimalkan fungsi kognitif

Mengingat beragam nutrisi yang digunakan otak sangat penting untuk fungsi kognitif yang optimal, beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara penggunaan multivitamin dan beberapa area kognisi, khususnya memori ingatan.

5. Menjaga kesehatan mata dan penglihatan

Kekurangan vitamin dan mineral, terutama yang berkaitan dengan vitamin A, vitamin B12, vitamin C, biotin, vitamin E serta zat besi dan seng, dapat memengaruhi penglihatan dan kesehatan mata. Dengan mendapatkan cukup nutrisi, seperti mengonsumsi multivitamin secara teratur, dapat mendukung banyak fungsi dalam tubuh yang berkontribusi pada kesehatan mata dan penglihatan.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Vitamin D, kalsium dan magnesium merupakan nutrisi yang penting terutama untuk kesehatan tulang dan fungsi otot. Vitamin D misalnya, membantu tubuh untuk secara optimal menyerap dan menjaga keseimbangan kalsium yang tepat, yang merupakan bahan penting untuk tulang dan jaringan otot. Sementara itu, magnesium diperlukan agar otot kita menjadi rileks setelah berkontraksi dan juga dikaitkan dengan kesehatan tulang.

7. Menjaga kesehatan kulit, kuku hingga rambut

Memastikan asupan nutrisi tercukupi, mengonsumsi multivitamin berkualitas terutama formula yang juga menyediakan senyawa antioksidan tanaman, selain vitamin dan mineral biasa,  pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit dan kuku kita.
 
Berbagai mikronutrien seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, biotin, silica, seng dan tembaga misalnya, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk rambut kita, vitamin B, biotin dan silika memainkan peran fungsional untuk kesehatan rambut.

8. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin K sangat penting untuk kesehatan jantung karena fungsinya pada pembekuan darah dan fungsi pembuluh darah. Pilih multivitamin yang tidak hanya mengandung vitamin K, tetapi juga mencakup fitonutrien untuk memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang ramah jantung.
 
Pada intinya, multivitamin aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi multivitamin.
 
Dalam beberapa kasus, multivitamin dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu yang Anda minum. Misalnya, apabila Anda sedang minum obat untuk mengurangi pembekuan darah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun yang mengandung vitamin K. Ini karena vitamin K berkontribusi pada pembekuan darah dan dengan demikian dapat kontraproduktif terhadap pengenceran darah.
 
Beberapa orang bisa jadi mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi multivitamin, tergantung pada formula dan waktu mereka mengonsumsi suplemen. Misalnya di pagi hari atau saat perut mereka kosong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro