Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12 Makanan Untuk Otak yang Sehat

Otak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan fungsi dan menciptakan kemampuan berpikir yang baik. Simak makanan untuk otak yang sehat dan cerdas.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 15 November 2021  |  13:10 WIB
Mengonsumsi ikan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak dan kecerdasan - Reuters/Lucy Nicholson
Mengonsumsi ikan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak dan kecerdasan - Reuters/Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA – Saat Anda berhasil menyelesaikan masalah, kadang ada teman yang memuji dengan sebutan otak encer. Dua kata ini diartikan sebagai orang yang cerdas, menurut KBBI. 

Meningkatnya fungsi otak akan membuat Anda mudah berpikir dan memahami suatu hal. Kecerdasan seseorang mungkin bersifat menurun, tapi tidak ada salahnya untuk mencari cara untuk meningkatkan fungsi otak. 

Berikut ini 12 makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak, melansir dari Medical News Today, Senin (15/11/20211):

  1. Ikan 

Jenis makanan ini memang sudah terkenal dalam membantu meningkatkan kecerdasan, baik bagi ibu hamil dan anak-anak. Ikan yang mengandung minyak merupakan sumber terbaik untuk asam lemak omega-3. Kandungan ini akan membantu regenerasi dan pembentukan sel-sel di tubuh, termasuk sel otak. Pembentukan yang baik akan meningkatkan fungsi sel otak, yang disebut neuron. 

Ikan salmon, tuna, sarden, kembung, dan haring termasuk yang menyediakan omega-3 terbaik. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi atau kemampuan berpikir yang lebih baik. 

  1. Cokelat Hitam 

Cokelat hitam mengandung jenis antioksidan flavonoid. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif. Jika stres, akan berkontribusi terhadap penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak.

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, flavonoid dalam cokelat hitam dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran. Flavonoid juga dapat merangsang aliran darah di otak.

  1. Buah Beri 

Stroberi, blackberry, bluberi, blakcurrant, dan murbei merupakan jenis beri yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan jenis antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

Antioksidan dalam buah beri ini memiliki efek positif bagi otak. Meningkatkan komunikasi antar sel, mengurangi inflamasi, dan mencegah penyakit neurodegenerative merupakan manfaat konsumsi buah beri.

Selain itu, antioksidan tersebut dapat meningkatkan fleksibilitas neuron (neuroplasticy) sehingga orang dapat lebih mudah belajar dan mengingat. 

  1. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber yang kaya akan antioksidan vitamin E, yang melindungi sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Seiring bertambahnya usia, otak manusia mungkin terkena stres oksidatif ini. Vitamin E dapat mendukung kesehatan otak di usia yang lebih tua. Biji bunga matahari, almond, dan hazelnut dapat menjadi pilihan cemilan untuk meningkatkan fungsi otak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan nutrisi otak
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top