Ilustrasi demesia/usdoj.gov
Health

Apa Itu Demensia, Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahannya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 30 November 2021 - 09:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demensia adalah kondisi dimana terjadinya penurunan fungsi otak.

Penyebab paling umum dari demensia adalah penyakit Alzheimer, gangguan otak yang secara perlahan menghancurkan memori dan kemampuan berpikir.

Hal ini umumnya dipandang sebagai akibat yang tak terelakkan dari proses penuaan tetapi ini adalah kesalahpahaman yang populer. Karena, dengan mengambil pencegahan sejak dini, Anda bisa meminimalisir penurunan kognitif di kemudian hari.

Penelitian terus menjelaskan pemahaman kita tentang hubungan antara diet dan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Salah satu temuan yang paling menjanjikan baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease.

Para peneliti memeriksa peran diet pada kecerdasan cairan (FI). FI mengacu pada proses dasar yang terlibat dalam pemecahan masalah abstrak tanpa pengetahuan sebelumnya.

Penurunan FI terkait usia yang lebih besar meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa rejimen diet tertentu dapat memengaruhi tingkat penurunan.

Namun, tidak pasti bagaimana konsumsi makanan jangka panjang mempengaruhi FI di antara orang dewasa dengan atau tanpa riwayat keluarga Alzheimer.

Untuk membuktikannya, para peneliti dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease memeriksa bagaimana diet total dikaitkan dengan kognisi jangka panjang di antara populasi usia pertengahan hingga akhir yang berisiko dan tidak berisiko untuk Alzheimer.

Di antara 1.787 peserta UK Biobank dewasa pertengahan hingga akhir, lintasan FI 10 tahun dimodelkan dan dipetakan ke dalam keputusan diet berdasarkan asupan 49 makanan utuh yang dilaporkan sendiri dari Kuesioner Frekuensi Makanan.

UK Biobank adalah basis data biomedis dan sumber daya penelitian berskala besar, yang berisi informasi genetik dan kesehatan yang mendalam dari setengah juta peserta Inggris.

Setelah melakukan analisis mereka, para peneliti menemukan bahwa asupan keju harian "sangat" memprediksi skor lintasan FI yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Anehnya, alkohol jenis apa pun setiap hari juga tampak bermanfaat dan "anggur merah terkadang juga bersifat protektif", tulis mereka.

Terlebih lagi, mengonsumsi domba setiap minggu dikaitkan dengan hasil yang lebih baik.

"Di antara kelompok berisiko, penambahan garam berkorelasi dengan penurunan kinerja," tambah para peneliti.

Dalam sambutan penutup mereka, para peneliti mengatakan memodifikasi rencana makan dapat membantu meminimalkan penurunan kognitif.

"Kami mengamati bahwa garam tambahan dapat menempatkan individu yang berisiko pada risiko yang lebih besar, tetapi tidak mengamati interaksi serupa antara FH [riwayat keluarga Alzheimer] dan individu Alzheimer. "Pengamatan lebih lanjut menunjukkan dalam perilaku yang bergantung pada status risiko bahwa menambahkan keju dan anggur merah ke dalam makanan setiap hari, dan domba setiap minggu, juga dapat meningkatkan hasil kognitif jangka panjang." tulis hasil penelitian itu dilansir dari Express.

Sementara itu, gejala penyakit Alzheimer berkembang perlahan selama beberapa tahun.

Kadang-kadang gejala ini dikacaukan dengan kondisi lain dan pada awalnya mungkin disebabkan oleh usia tua. Gejalanya sendiri berkembang berbeda untuk setiap individu.

Dalam beberapa kasus, kondisi lain dapat menyebabkan gejala semakin parah. "Pada tahap awal, gejala utama penyakit Alzheimer adalah penyimpangan memori," jelas NHS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro