Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Health

Cek Seperti Apa Gejala Ringan Covid Omicron

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Desember 2021 - 08:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus covid varian omicron yang saat ini sedang muncul disebutkan memiliki gejala yang ringan.

Terutama untuk orang yang sudah divaksin. Mereka yang tidak divaksinasi sembilan kali lebih mungkin mengalami gejala parah hingga perawatan di rumah sakit daripada yang divaksinasi penuh.

Seperti apa infeksi ringan sekarang dibandingkan dengan versi virus sebelumnya? 

Demam, menggigil, batuk, sesak napas, dan kehilangan rasa dan penciuman terus menjadi ciri gejala COVID sejak pertama kali muncul.

Gejala COVID dapat muncul di mana saja antara dua dan 14 hari setelah terpapar, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, tetapi rata-rata, dibutuhkan sekitar lima atau enam hari. Banyak gejala ringan yang harus Anda cari dalam jendela itu adalah gejala yang telah kita dengar selama ini: demam dan/atau kedinginan, batuk, dan sesak napas meskipun semua gejala tersebut dapat bervariasi dalam intensitas.

Kehilangan rasa dan penciuman juga merupakan kasus ringan yang sangat umum. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa lebih dari separuh orang yang memiliki kasus yang sangat ringan kehilangan indra penciuman sampai tingkat tertentu.

Mengendus, bersin, sakit kepala, dan gejala GI juga umum sekarang.

Sementara COVID adalah virus pernapasan, banyak orang datang dengan gejala ringan yang tidak ada hubungannya dengan organ dan jaringan yang membantu mereka bernapas. CDC memasukkan gejala sakit kepala mual atau muntah, dalam daftar gejala yang paling umum.

“Kami telah melihat evolusi dalam gejala COVID itu sendiri,” kata Natasha Bhuyan, seorang dokter keluarga di One Medical di Arizona dilansir dari Yahoo News yang mengutip Huffpost. 

Dia secara pribadi merawat pasien yang datang dengan gejala yang mereka pikir tidak mungkin COVID seperti, pilek yang mereka kaitkan dengan alergi musiman, atau diare yang mereka kaitkan dengan penyakit perut yang akhirnya dites positif terkena virus.

Tantangannya, tentu saja, adalah gejala-gejala itu mirip dengan apa yang dialami orang-orang ketika mereka pilek, flu, sakit perut, dan banyak penyakit umum lainnya yang beredar selama musim dingin.

“Ada berbagai gejala” dan “tumpang tindih yang luar biasa,” kata Bhuyan.

Para ahli mengatakan hanya satu gejala saja sudah cukup untuk menjamin pengujian.

Karena sangat tidak mungkin untuk membedakan antara pilek dan infeksi COVID-19 hanya berdasarkan gejalanya saja.

Jadi Bhuyan merekomendasikan agar Anda melakukan tes COVID jika Anda memiliki gejala apa pun, terutama jika Anda berada di area penularan tinggi, bahkan jika Anda baru saja pilek atau sakit kepala. Satu gejala sudah cukup.

Jika Anda positif COVID, Anda disarankan untuk mengisolasi diri selama 10 hari atau sampai hasil tes negatif. 

Para ahli sedang mempelajari omicron, varian baru dengan lebih dari 30 mutasi, secara real time. Laporan awal telah menggembirakan, menunjukkan gejala omicron mungkin lebih ringan daripada delta. Namun pejabat kesehatan mengatakan terlalu dini untuk mengetahuinya. Mereka juga memperingatkan bahwa varian tersebut dapat mengubah arah pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro