Cek gejala penyakit dari kondisi kuku Anda/Times of India
Health

Waspada! 6 Kondisi Kuku Ini Bisa Ungkap Penyakit di Tubuh Anda

Annasa Rizki Kamalina
Jumat, 17 Desember 2021 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengetahui kesehatan tidak harus selalu menjalani tes atau pemeriksaan lengkap di laboratorium. Simak 6 kondisi kuku yang bisa ungkap gejala penyakit serius di tubuh Anda.

Terkadang hanya dengan melihat warna kulit, kondisi rambut, dan kuku Anda dapat mengungkapkan banyak hal tentang gangguan yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Noda putih, kemerahan, atau riak, setiap hal yang muncul di kuku Anda memiliki arti tersendiri. Tanda itu dapat dapat memberikan gambaran tentang kondisi paru-paru, jantung, dan organ tubuh lainnya.

Membaca dan memahami tanda-tanda ini dapat membantu Anda mendeteksi gangguan parah dan mengambil tindakan yang tepat pada waktunya.

Berikut 6 kondisi kuku jari yang bisa mengungkap penyakit di dalam tubuh seperti dilansir dari Times of India, Jumat (17/12/2021). 

1. Tidak ada bulan sabit

Pada individu yang sehat, perhatikan bentuk bulan sabit atau setengah lingkaran di bagian bawah kuku. Hal ini adalah bagian dari matriks dan mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan Anda.

Hilangnya bulan sabit dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh kekurangan gizi, depresi atau anemia. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika kuku Anda mulai tampak merah dan Anda mengalami gejala seperti pusing, cemas, dan pusing.

2. Kuku pucat atau kuning

Kuku yang sehat yaitu halus, tanpa lubang, dan sedikit kemerahan. Setiap perubahan warna atau pucat bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius. Kuku pucat mencerminkan masalah dengan hati, ginjal, atau jantung Anda.

Munculnya kuku pucat ini dapat menjadi tanda anemia, masalah hati, gangguan jantung atau kekurangan gizi. Kuku kekuningan dikaitkan dengan bronkitis kronis, penyakit tiroid, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

3. Kuku bergelombang

Pernahkah Anda memperhatikan tonjolan atau riak di kuku Anda? Garis vertikal atau horizontal memberi tahu banyak tentang kesehatan ginjal dan tulang Anda. Permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang bisa menjadi tanda psoriasis atau radang sendi.

Garis vertikal yang disertai dengan perubahan warna kuku juga bisa mengindikasikan anemia. Sementara garis horizontal lebih parah dan bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya seperti penyakit ginjal. Riak di kuku terkadang diwariskan dan menjadi menonjol seiring bertambahnya usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro