Parasetamol/News.com.au
Health

Bunda, Jangan Berikan Obat Ini pada Anak, Pasca Vaksinasi Covid-19, Jika...

Ni Luh Anggela
Jumat, 17 Desember 2021 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah mulai dilakukan, terhitung sejak 14 Desember lalu.

Berbicara mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Ketua Satgas Imunisasi IDAI Profesor dr Hartono Gunardi mengatakan, KIPI pasca vaksinasi Covid umumnya ringan dan dibagi dua, yaitu lokal dan sistemik.

"Lokal berupa nyeri pada suntikan, yang biasa kita alami, kemerahan atau bengkak di tempat suntikan. Kemudian yang sistemik adalah lemas, ngantuk, atau demam," kata Hartono dalam Media Briefing Update Rekomendasi IDAI dan Asosiasi Dokter Anak Internasional (IPA) mengenai Vaksinasi Covid pada Anak yang diadakan secara virtual pada Jumat (17/12/2021).

Apabila anak mengalami demam, Hartono menyarankan agar anak diberi parasetamol.

"Tapi mohon dengan sangat parasetamol jangan diberikan sebelum timbulnya demam," tambahnya.

Pasalnya, apabila parasetamol diberikan sebelum timbulnya demam, akan mengganggu proses pembentukan antibodi zat kekebalan terhadap vaksin Covid. Sehingga zat kekebalannya akan lebih rendah.

"Ini merupakan penelitian dengan vaksin yang lain, seperti vaksin yang didapat anak-anak dan bayi," katanya.

Untuk vaksin Covid sendiri, Hartono mengatakan, sebenarnya memang belum diteliti. Namun untuk keamanan, Hartono menghimbau sebaiknya jangan diberikan parasetamol bila anak belum mengalami demam. Parasetamol bisa diberikan bila anak mengalami demam.

Kemudian, mengenai pantangan makanan dan minuman pasca vaksinasi Covid, Hartono menyampaikan bahwa tidak ada pantangan.

Untuk obat-obatan, apabila anak biasa mengonsumsi obat-obatan tertentu, obat darah tinggi atau obat penyakit khusus, bisa dikonsumsi.

"Kecuali adalah steroid. Tapi steroid dibutuhkan bila dokter mengatakan itu perlu. Silahkan diberikan. Kalau steroid harus dengan anjuran dokter yang merawat. Jadi jangan diminum sendiri (tanpa anjuran dokter)," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro