Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Makanan yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Sukses Diet pada 2022

Jika Anda memiliki resolusi diet pada 2022, berikut 4 makanan yang harus Anda hindari seperti dikutip dari dari Eat This, Not That! pada Kamis (30/12/2021).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  14:44 WIB
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com
Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir, sudahkah Anda menetapkan resolusi tahun 2022? Jika salah satu tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, Anda memerlukan beberapa persiapan agar diet berhasil.

Pola diet bisa berbeda-beda untuk setiap individu. Beberapa makanan mungkin dapat menyebabkan kenaikan berat badan bagi individu A, tapi tidak untuk individu B. Namun, Ada makanan tertentu yang dapat memiliki efek berbahaya pada diet Anda.

Jika Anda memiliki resolusi diet pada 2022, berikut 4 makanan yang harus Anda hindari seperti dikutip dari dari Eat This, Not That! pada Kamis (30/12/2021).

1. Roti Putih

Roti putih merupakan karbohidrat olahan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan Anda untuk menurunkan berat badan.

Meski enak, Roti putih tidak membantu Anda tetap kenyang. Anda akan terus makan lebih banyak kalori namun tidak kenyang. Hal itu akan menambah berat badan dari waktu ke waktu. Karena itu, lebih baik memilih roti gandum untuk mencegah penambahan berat badan pada 2022.

2. Gorengan

Anda harus membatasi makanan yang digoreng dengan minyak jika ingin menurunkan berat badan. Makanan yang digoreng umumnya tinggi kalori, dan jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, ini sudah pasti akan meningkatkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi makanan yang digoreng dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan atau obesitas yang lebih tinggi.

Studi lain dari British Medical Journal menemukan bahwa sangat penting bagi mereka yang memiliki kecenderungan genetik untuk membatasi konsumsi makanan yang digoreng.

3. Pengganti Gula

Menurut ahli diet Janet Coleman, pengganti gula bisa mengganggu ketika Anda mencoba menurunkan beberapa kilogram, meskipun secara teknis bebas kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengganti gula benar-benar dapat mendorong penambahan berat badan karena efeknya pada sensitivitas insulin.

4. Makanan Rendah Serat

Anda harus menghindari makanan yang rendah serat, seperti roti putih, kue beras, keripik kentang, dan makanan non-gandum lainnya. Makanan jenis ini dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dalam beberapa cara.

Konsumsi serat larut, misalnya smoothies sayuran, memperlambat pengosongan lambung. Hal itu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan saat makan berikutnya.

Jenis serat yang penting untuk menurunkan berat badan, yang disebut pati resisten. Jenis serat ini menahan pencernaan saat berjalan di sepanjang usus Anda, dan setelah mencapai usus besar Anda, difermentasi oleh bakteri di sana.

Proses fermentasi ini melepaskan produk sampingan yang meningkatkan respons insulin tubuh, yang pada akhirnya mengurangi lemak yang disimpan di sekitar pinggang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

resolusi diet berat badan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top