ilusi optik
Entertainment

Ilusi Optik Terbaik di Tahun 2021

Ni Luh Anggela
Kamis, 30 Desember 2021 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kontes ilusi tahunan kembali diselenggarakan oleh Neural Correlate Society, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mempromosikan kesadaran sains di balik persepsi dan kognisi. Selama 17 tahun kontes tahunan ini secara konsisten menghadirkan berbagai ilusi yang menarik, yang sering kali didukung oleh prinsip-prinsip ilmiah yang menarik.

Melansir New Atlas, Kamis (30/12/2021), ilmuwan dan pesulap asal Inggris Matt Pritchard, pemenang tahun ini, adalah contoh unik dari ilusi anamorfik. Ini adalah ilusi yang menghadirkan kepada penonton gambar yang tampak terdistorsi hingga dilihat dari perspektif tertentu.

Dalam video ini, Pritchard menggunakan cermin untuk menghasilkan ilusi anamorfik dua sisi yang kompleks. Ini memungkinkan Pritchard untuk menciptakan momen ajaib, dimana seorang ratu di papan catur muncul entah dari mana di pantulan cermin.

Di posisi kedua dimenangkan oleh Michael Cohen, seorang ilmuwan kognitif di MIT dan Amherst College dengan ilusinya yang sederhana. Cohen menggambarkan ilusinya sebagai contoh fenomena yang disebut 'kebutaan perubahan bertahap'.

Dia menjelaskan, saat dirinya mencoba menyiapkan contoh baru dari fenomena ini untuk murid-muridnya, dia menyadari bahwa dia dapat mengubah lusinan item tanpa disadari oleh orang yang mengamatinya.

"Secara keseluruhan, ilusi ini menyoroti bagaimana orang sebenarnya dapat melihat dan mengingat jauh lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka daripada yang mereka sadari secara intuitif," kata Cohen.

Selanjutnya, di posisi ketiga diraih oleh ilmuwan kognitif Brent Strickland dan mahasiswa PhD nya, Dawei Bai. Disebut sebagai The Double Ring Illusion, trik ini menyoroti bagaimana sistem visual kita secara fundamental diatur oleh pemahaman kita tentang hukum fisika. Meskipun melakukan gerakan yang sama persis, cincin-cincin itu tampak berputar secara berbeda, tergantung pada posisinya.

Anda juga bisa melihat beberapa sorotan lainnya dari ilusi optik terbaik di tahun 2021 pada video-video berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro