Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Alami Serangan Kecemasan saat di Depan Umum Ini Cara Mengatasinya

Serangan kecemasa mulanya dipicu oleh hal-hal yang memicu kecemasan. Seiring waktu, kecemasan ini semakin memburuk dan memuncak, yang pada akhirnya timbul serangan kecemasan. Wanita dipercaya lebih rentan mengidap gangguan ini.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  18:34 WIB
Ilustrasi - Lennoncenter
Ilustrasi - Lennoncenter

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan kecemasan dan serangan panik sama-sama memengaruhi kualitas hidup pengidapnya, dan memiliki gejala yang kurang lebih sama. Akan tetapi, mereka bukanlah hal yang sama.

Serangan kecemasan merupakan rasa tertekan, takut, gelisah, dan khawatir yang datang secara perlahan, tetapi cenderung bertahan bahkan setelah serangan itu sendiri berakhir. Ini berbeda dengan serangan panik, yang muncul tiba-tiba dan sering bermanifestasi sebagai ketakutan akut.

Hingga saat ini, mengutip Halodoc, penyebab pasti dari serangan panik belum bisa dipastikan. Tetapi, faktor-faktor seperti stres berlebihan, faktor genetik, memiliki temperamen yang rentan terpengaruh oleh stres atau emosi negatif hingga merokok atau mengonsumsi minuman kafein secara berlebihan dapat memicu terjadinya serangan panik.

Sementara itu, serangan kecemasa mulanya dipicu oleh hal-hal yang memicu kecemasan. Seiring waktu, kecemasan ini semakin memburuk dan memuncak, yang pada akhirnya timbul serangan kecemasan. Wanita dipercaya lebih rentan mengidap gangguan ini.

Terapis berlisensi Mariel Buque, dalam unggahan Instagramnya baru-baru ini membagikan bahwa jika Anda mengalami serangan kecemasan di depan umum, Anda bisa mengalihkan perhatian otak Anda dengan teknik dasar.

Melansir Well and Good, Jumat (31/12/2021), Buque menyarankan untuk menghitung warna yang ada di ruangan dengan penuh perhatian saat Anda mengalami serangan kecemasan. Hitung warna yang ada di dalam ruangan kurang lebih selama 30 hingga 60 detik. Lalu, catat berapa banyak warna yang sebenarnya Anda hitung. Cara ini akan membantu Anda mengalihkan pikiran dari apapun yang menyebabkan kecemasan.

Tetapi perlu diingat, jika Anda sering mengalami serangan kecemasan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke profesional kesehatan mental yang bisa membantu Anda mengembangkan strategi jangka panjang untuk menjaga kecemasan Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips cemas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top