Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, Ini Kunci Sukses Brand Tingkatkan Penjualan

TikTok Shop memungkinkan bisnis memanfaatkan pengalaman commerce sepenuhnya di dalam platform TikTok. 
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  10:29 WIB
Keterangan foto: Sesi livestream YOU di program TikTok Shopping 12.12 Mega Sale (dok.TikTok)
Keterangan foto: Sesi livestream YOU di program TikTok Shopping 12.12 Mega Sale (dok.TikTok)

Bisnis.com, JAKARTA- Guna memenangkan persaingan di tengah era digital, para brand ditantang untuk semakin dinamis untuk menjangkau konsumen. Menyadari persaingan yang semakin ketat, brand pun mulai memanfaatkan platform digital untuk mendongkrak penjualan mereka, salah satunya melalui TikTok Shopping. 

Hadir dengan konsep livestream, TikTok Shopping merupakan rangkaian solusi, fitur, dan tools terintegrasi. TikTok Shop yang menjadi bagian dari TikTok Shopping, memungkinkan bisnis memanfaatkan pengalaman commerce sepenuhnya dengan kemampuan untuk mengunggah produk dan mengatur semuanya, mulai dari pengiriman hingga fulfillment dan titik pembelian, semuanya di dalam platform TikTok. 

Selain memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh TikTok Shopping, banyak brand juga ikut serta dalam kampanye belanja akhir tahun bertajuk "TikTok Shopping 12.12 Mega Sale" yang berlangsung pada 3 hingga 16 Desember 2021 lalu.

Para brand yang berpartisipasi dalam kampanye ini merasakan manfaat langsung dari ekosistem unik TikTok, termasuk peningkatan yang signifikan pada kegiatan penjualan mereka. Selain itu, banyak brand juga memanfaatkan kolaborasi bersama para content creator di TikTok untuk memperluas jangkauan mereka.

Alhasil, kolaborasi apik brand bersama kreator lewat program livestream selama dua minggu ini berhasil menyumbangkan total views sebesar 264 juta, dengan total durasi livestream lebih dari 115 ribu jam selama kampanye berlangsung.

Interaksi ini pun telah meningkatkan nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) hingga 561%, serta peningkatan jumlah pesanan sebesar 1.540% bila dibandingkan periode normal di TikTok Shop. Hal ini merupakan capaian organik di luar livestream kampanye 12.12, yang turut memperkuat efektivitas TikTok sebagai platform yang bisa mendukung brand mengembangkan bisnis mereka.

KISAH SUKSES

Salah satu cerita sukses datang dari YOU (@youbeauty_id), salah satu brand lokal kecantikan terbesar di Indonesia yang menghadirkan solusi kecantikan canggih nan trendi berstandar internasional. Selama TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, sesi livestream YOU berhasil mengerek GMV sebesar 819% dibanding periode lainnya dan mendapatkan lebih dari 186 ribu views.

Capaian ini berhasil YOU peroleh juga didukung oleh sesi livestream selama 10 jam nonstop yang menghadirkan berbagai promo menarik, salah satunya program "Beli 1, Dapat 3". YOU juga menggandeng salah satu top kreator TikTok untuk kategori beauty, Pani Rahmawati (@Panirahmawati19) yang memiliki 2,7 juta followers. Berkat kolaborasi bersama Pani sebagai salah satu host di sesi livestream, YOU berhasil menciptakan interaksi yang sangat baik dengan para konsumennya. 

@youbeauty_id Promo menarik gila gilaan diskon up to 78%. Catet tanggalnya ya 12 des jam 1 siang sampai jam 9 malam hanya di live streaming YOUbeauty #YOUMakeups #YOULongLastingBeauty #samasamabelajar #Marikitacoba #Tiktoktainment #fyp LOCA LOCA - PRODUK_CIKUYA_LEBAK .

Cerita sukses lainnya datang dari salah satu brand kesehatan bernama Jus Haocek (@jushaocek.official), minuman sehat yang terbuat dari buah organik dengan berbagai manfaat bagi tubuh. Selama sesi livestream di TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, Jus Haocek berhasil meningkatkan GMV sebesar 625% dibanding periode normal dan meraih lebih dari 167 ribu views.

Berbeda dengan brand lain yang cenderung jorjoran saat kampanye penjualan besar seperti double date sale, brand satu ini justru mempertahankan kestabilan harga produknya. Fenomena ini juga menunjukkan bahwa strategi mereka hadir di TikTok Shopping berhasil menumbuhkan loyal customer yang menjadi bagian penting untuk mengembangkan bisnis.

Selain itu, kreator TikTok sekaligus pentolan salah satu girl band ternama Indonesia, Cheryl Juno (@cheryljuno21) turut hadir untuk meramaikan livestream Jus Haocek pada TikTok Shopping 12.12 Mega Sale.

@jushaocek.official Jangan nonton kalo ga berani. ada yang muncul pas di akhir ~'~' #jushaocek suara asli - Vines_sss

Brand selanjutnya adalah Grace and Glow (@graceandglow.id), brand lokal yang menjual produk personal care. Selama sesi livestream di TikTok Shopping 12.12 Mega Sale, Grace and Glow berhasil meningkatkan GMV mereka sebesar 175,15% dibanding periode lainnya*.

Rekor ini didapat lewat berbagai kegiatan promosi, di antaranya special bundling package untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan rerata pembelian konsumen pada setiap transaksinya.

Selama livestream berlangsung, Grace and Glow juga menggandeng salah satu top kreator TikTok di bidang healthy lifestyle, Fahiramira (@fahiramira) yang memiliki 5,6 juta followers sebagai co-host untuk membantu mengedukasi konsumen tentang brand Grace and Glow serta berbagai promosi menarik yang tersedia.

@graceandglow.id Nggak mungkin kan kalian nggak suka kalau Grace and Glow livestream setiap hari?! Makanya, yuk, langsung set alarm kalian!~ #GraceandGlow #livestream original sound - Mad Srepeettt


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TikTok TikTok Shop
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top