Dalam menjalin hubungan percintaan, pria dan perempuan wajib memiliki kepercayaan./Ilustrasi/Dailyfinance
Relationship

6 Tanda-tanda Hubungan Percintaan yang Sehat

Herdanang Ahmad Fauzan
Sabtu, 8 Januari 2022 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hubungan yang sehat dapat mendorong seseorang menjalani hidupnya dengan lebih bahagia dan sehat. Simak tanda hubungan percintaan yang sehat bagi pria dan perempuan.

Robert Waldinger, psikiater sekaligus Direktur Harvard Study of Adult Development dalam sebuah pidatonya di acara TED Talk, 2015 silam. Dia mengatakan bahwa orang-orang yang bernasib baik adalah mereka yang menyandarkan diri pada hubungan, baik dengan keluarga, pasangan, teman, atau komunitas.

Mengutip dari Bolde, Sabtu (8/1/2022),  dalam konteks hubungan dengan pasangan, mendeteksi apakah suatu hubungan tergolong sehat juga bukan perkara mudah. Namun, sukar bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Simak tanda-tanda awal yang menunjukkan bahwa sebuah hubungan percintaan pria dan perempuan disebut sehat:

1. Rasa saling menghormati

Hal ini, menurut mereka, merupakan kunci utama untuk membuka kriteria-kriteria berikutnya.

“Mustahil Anda memiliki sebuah hubungan yang bahagia dan sehat tanpa rasa saling menghormati. Ini adalah benang merah terpenting dalam setiap hubungan.”

Perasaan saling menghormati yang dimaksud melingkupi respek terhadap individualitas, kehidupan masa lalu pasangan, dan menghargai setiap perjalanan hidup yang telah dilalui pasangan sebelum bertemu dengan Anda.

2. Memupuk kejujuran 

Menyoal kejujuran, poin ini dinilai penting selama orientasi sebuah hubungan adalah jangka panjang. Sebab, sekali saja faktor kejujuran ini terabaikan, maka kebohongan-kebohongan berikutnya tidak lagi terelakkan.

Aspek kejujuran juga melingkupi keterbukaan. Bila ada salah satu pihak yang enggan terbuka, artinya aspek ini belum tercapai.

“[Kejujuran] artinya nyaman menyatakan apa yang ada di pikiran Anda kepada pasangan tanpa takut akan rasa bersalah, drama, manipulasi dan hal-hal kurang dewasa dan toksik.”

3. Kemauan untuk meningkatkan kualitas hubungan secara bertahap

Bagi pria dan perempuan yang mau melakukan peningkatan kualitas hubungan maka bisa mencari bantuan dan saran soal hubungan percintaan hanya kepada ahli atau psikiatri. Atau setidaknya platform yang telah teruji kredibilitasnya.

4. Komunikasi 

Komunikasi yang dimaksud adalah soal menghadapi sebuah masalah. Hubungan yang sehat akan terjadi ketika pasangan mau saling mengkomunikasikan sebuah kendala, bukan malah menghindarinya.

5. Independensi

Independensi yang dimaksud adalah keadaan di mana sebuah pasangan mau saling memberikan ruang bagi partnernya untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain.

“Orang-orang di hubungan yang sehat menyadari bahwa individualitas pasangannya juga penting, dan mereka tidak akan mencoba mengubah hal itu.”

6. Kepercayaan

Kepercayaan dalam hubungan percintaan pria dan perempuan adalah rasa saling menghormati sebagai kunci, maka perkara kepercayaan ini merupakan pintu utama.

Dalam konteks ini, percaya bukan hanya soal meyakini bahwa pasangan tidak akan berkhianat. Tetapi juga meyakini bahwa pasangan bisa diandalkan sebagai pertolongan pertama ketika menghadapi berbagai masalah.

“Hubungan tanpa kepercayaan, biasanya akan kandas. Lagipula, mengapa Anda mau repot-repot bersama seseorang bila menurut Anda orang tersebut tidak bisa diandalkan?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro