Ilustrasi petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 ke lengan pasien/Freepik
Health

Di sini Lokasi Suntik Vaksin Booster Covid-19 

Desyinta Nuraini
Selasa, 11 Januari 2022 - 19:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memutuskan program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga dimulai besok, Rabu (12/1/2022). Ada sejumlah lokasi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan booster ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut vaksinasi booster ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. "Seperti di Puskesmas, rumah sakit pemerintah, dan rumah sakit milik pemerintah daerah," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (11/1/2022).

Adapun booster Covid-19 diberikan secara gratis kepada masyarakat di atas 18 tahun dengan prioritas lansia dan kelompok rentan.

Walaupun demikian, Budi memyampaikan pemerintah tetap mempertahankan mekanisme vaksin Gotong Royong yang selama ini berjalan. "Dengan kondisi bahwa vaksin ini tetap diterima gratis di masyarakat yang disuntik dan jenis vaksinnya tidak sama dengan vaksin program pemerintah," ucapnya.

Soal ketersediaan vaksin, pemerintah katanya sudah memiliki vaksin yang cukup, berasal dari kontrak pengadaan vaksin tahun lalu yang pengirimannya akan tiba di awal tahun ini. 

Ada pula ketersediaan vaksin yang merupakan tambahan yang cukup signifikan dari vaksin donasi dunia baik melalui program kerjasama COVAX maupun program kerjasama bilateral. 

Sebagai informasi sebelumnya COVAX memberikan komitmen bantuan terhadap 20 persen dari populasi Indonesia. Namun sudah dikonfirmasi akan ditingkatkan menjadi 30 persen dari populasi Indonesia, setara vaksinasi untuk 27 juta orang atau kira-kira setara dengan 54 juta dosis vaksin gratis yang bisa diterima pemerintah total dari tahun lalu dan tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro