Ilustrasi Omicron./Antara
Health

Luhut Prediksi Puncak Omicron Februari-Maret 2022, Ketahui Apa Saja Gejalanya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Januari 2022 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa puncak kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia diprediksi terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

"Berkaca dari kasus Omicron di Afrika Selatan, puncak gelombang akan terjadi pada pertengahan Februari atau Maret 2022," katanya dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Untuk mencegah penularan, Anda harus menerapkan protokol kesehatan lebih ketat lagi. Seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, juga penting mengetahui apa saja gejala omicron agar segera melakukan pengecekan jika muncul gejala tersebut.

Gejala Omicron yang tercatat sangat berbeda dari gejala Covid tradisional yang disebut kehilangan indra penciuman dan perasa serta gangguan pernapasan. Sebaliknya, tenggorokan gatal dan beberapa gejala pilek dan flu biasa lainnya telah dikaitkan dengan Omicron.

 Tidak adanya masalah pernapasan telah membuat Omicron tampak tidak terlalu parah tetapi seperti yang diperingatkan oleh para ahli untuk tidak menganggap enteng Omicron, dokter yang merawat Omicron juga mengatakan banyak pasien mungkin melaporkan demam tinggi dalam beberapa hari pertama.

Gejala seperti flu termasuk batuk, pilek dan demam tetap menjadi gejala umum Covid, baik itu Omicron atau Delta.

Sakit tenggorokan adalah gejala yang sangat umum dari Omicron, termasuk juga sakit kepala, kelelahan, nyeri tubuh yang parah tampaknya merupakan gejala Omicron yang lebih menonjol daripada Delta.

Peneliti klinis Covid-19 Dr Swapneil Parikh melansir dari Mint mengatakan gejala pernapasan bagian atas (pilek, batuk, sakit tenggorokan) ditambah gejala GI yang menonjol (mual, muntah, diare) ditambah demam plus nyeri di punggung bawah dan tungkai bawah adalah gejala umum Omicron.

Dr Lancelot Pinto mencatat empat gejala menonjol dari Omicron: Demam selama beberapa hari, banyak sakit tubuh, sakit tenggorokan, kadang-kadang gerakan longgar.

Omicron lebih mungkin daripada delta untuk menginfeksi kembali individu yang sebelumnya memiliki Covid-19 dan menyebabkan "infeksi terobosan" pada orang yang divaksinasi sementara juga menyerang yang tidak divaksinasi.

Penting untuk dicatat bahwa semua gejala bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada kekebalan mereka, status vaksinasi. Gejala hanya memberikan petunjuk dan bukan cara yang pasti untuk mengetahui tentang infeksi.

Selain itu, para ahli tidak tahu seperti apa varian berikutnya atau bagaimana mereka dapat membentuk pandemi, tetapi mereka mengatakan tidak ada jaminan sekuel omicron akan menyebabkan penyakit yang lebih ringan atau vaksin yang ada akan bekerja melawannya. Mereka mendesak vaksinasi yang lebih luas sekarang, sementara suntikan hari ini masih bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro