Warga menyaksikan video mapping bernuansa Natal yang ditampilkan saat acara 'Christmas in Jakarta' di Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Minggu (19/12/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar acara 'Christmas in Jakarta' dengan tema Harmony with History dalam rangka menyambut perayaan Natal 2021. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.rn
Travel

8 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Jakarta

Intan Riskina Ichsan
Senin, 17 Januari 2022 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai ibu kota Indonesia yang ramai, Jakarta adalah tempat meleburnya budaya. Perpaduan beragam tradisi, dari Jawa dan Melayu hingga Arab, India, dan Belanda berputar bersama di megalopolis ini. Hasilnya adalah kota yang dinamis dan hidup dengan cita rasa tersendiri yang menarik.

Anda akan menemukan bahwa Jakarta memiliki tempat kopi terbaik di dunia, dan sebagian besar sosialisasi di kota berlangsung di kafe-kafe trendi. Anda akan menemukan diri Anda mendambakan nasi goreng yang ditemukan di warung kaki lima Jakarta yang tak terhitung jumlahnya.

Anda juga akan berakhir di mal perbelanjaan serbaguna yang mewah di kota untuk terapi ritel, bersama dengan hiburan, acara, dan seni. Tempat wisata Jakarta juga akan menunjukkan sisi lebih dalam dari kota kosmopolitan ini.

Untuk lebih banyak ide tentang merencanakan perjalanan Anda ke Jakarta, lihat daftar hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Jakarta dilansir dari Planet Ware:

1. Kunjungi Museum Nasional

Museum Nasional adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Jakarta. Terletak di tepi barat Lapangan Merdeka, atraksi arkeologi dan etnologis ini menawarkan koleksi yang kaya sekitar 70.000 artefak.

Ini dianggap sebagai salah satu museum terbaik di Asia Tenggara. Anda bahkan tidak perlu masuk ke Museum Nasional untuk mulai menikmati banyak harta karunnya. Halaman dari bangunan berusia lebih dari 150 tahun ini memiliki air mancur dengan patung gajah perunggu, yang diberikan oleh raja Siam Chulalongkorn ke Batavia pada tahun 1871.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

2.  Melihat Layang-Layang di Museum Layang-Layang

Menerbangkan layang-layang telah menjadi tradisi di belahan dunia ini selama lebih dari 2.000 tahun, dan tidak ada tempat yang lebih baik di Jakarta untuk mempelajari warisan ini selain di Museum Layang-Layang, sebuah atraksi menyusuri gang yang tenang di Pondok Labu.

Pemutaran film pendek di museum menjelaskan asal mula layang-layang terbang di Indonesia, serta banyak gaya layang-layang dengan jumlah informasi yang tepat yang dibutuhkan wisatawan untuk menghargai koleksi atraksi lebih dari 600 layang-layang berwarna-warni.

Alamat: Jl. H. Kamang No.38, RT.8/RW.10, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450

3. Bersantai di Lapangan Merdeka

Alun-Alun Merdeka, taman seluas 75 hektar yang dikelilingi oleh tanaman hijau subur di Jakarta Pusat, adalah jawaban ibu kota Indonesia untuk alun-alun di sekitar kota-kota Eropa. Ini dianggap sebagai salah satu alun-alun publik terbesar di dunia.

Ciri khas Lapangan Merdeka adalah Monumen Nasional. Juga dikenal sebagai Monas, menara setinggi 132 meter di atasnya dengan api foil emas melambangkan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Keajaiban arsitektur ini membutuhkan waktu 14 tahun untuk dibangun dan dibuka oleh Suharto, presiden kedua Indonesia, pada tahun 1975.

Alamat: Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta

4.  Belanja Sepuasnya di Mega Mall Jakarta

Kota ini memiliki lebih dari 170 pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh lingkungannya. Banyak dari tempat tersebut menampilkan arsitektur yang mengesankan dengan beberapa lantai toko, teater, restoran, toko kelontong, salon, galeri, dan lainnya.

Mall mana saja yang menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi di Jakarta? Jawabannya tergantung pada apa yang Anda cari. Plaza Indonesia di Jakarta Pusat dipenuhi dengan merek mewah internasional, seperti Bulgari, Rolex, Kate Spade, dan Ted Baker, serta tekstil batik buatan lokal. Grand Indonesia Shopping Town, mal dengan pemandangan Monumen Selamat Datang, memiliki bioskop terbesar di Indonesia, pertunjukan air mancur, dan video game arcade.

5. Rasakan Seni Kontemporer di Museum MACAN

Indonesia menjadi berita utama internasional ketika negara itu memotong pita pada institusi seni kontemporer pertamanya, Museum MACAN, pada November 2017. Atraksi yang mendapat pujian kritis sejak itu membangun reputasi sebagai salah satu tempat teratas untuk dikunjungi di Jakarta.

Ruang seluas 7.100 meter persegi ini memamerkan 800 koleksi penting yang dibangun selama 25 tahun, terutama oleh pecinta seni dan pengusaha Haryanto Adikoesoemo. Di dalam ikon budaya, wisatawan dapat melihat kreasi fiberglass aneh dari Yayoi Kusama, lukisan Romantis dari seniman Indonesia tercinta Raden Saleh Sjarif Boestaman, karya Andy Warhol yang menggambarkan Marilyn Monroe, dan gambar yang menggugah pikiran dari seniman pembangkang Tiongkok Ai Weiwei.

Alamat: AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

6.  Lakukan Perjalanan Sehari ke Kepulauan Seribu

Butuh istirahat dari hutan beton Jakarta? Lakukan perjalanan sehari ke Kepulauan Seribu, gugusan 110 pulau indah yang tersebar di Laut Jawa, tepat di utara kota. Feri dan angkutan pribadi mengantar wisatawan ke tempat-tempat menarik di rantai pulau ini dari Marina Ancol setiap hari.

Anda dapat mencapai salah satu Kepulauan Seribu terdekat, Pulau Bidadari, hanya dalam waktu 30 menit dari pelabuhan feri. Sorotan tujuan termasuk pohon langka, pantai berpasir, dan benteng abad ke-17. Anda juga dapat bermalam di bungalow di atas air.

7.  Belajar Tentang Sejarah Jakarta di Kota Tua

Ibu kota Indonesia mungkin terlihat berkilau dan modern, namun tetap mempertahankan peninggalan suasana sejarah yang menawan di Kota Tua Jakarta. Daerah ini pernah menjadi markas Perusahaan Hindia Timur Belanda pada abad ke-17. Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi pada hari pertama Anda di Jakarta untuk merasakan kisah masa lalu kota ini.

Bangunan bercat putih berusia hampir 400 tahun di tepi selatan alun-alun ini telah diubah dari balai kota menjadi Museum Sejarah Jakarta. Di dalamnya, Anda akan menemukan lebih dari 20.000 benda bersejarah, termasuk peta antik, keramik, dan furnitur bergaya Betawi, serta sel penjara yang menampung para pejuang kemerdekaan Indonesia pada abad ke-19.

Alamat: Jl. Lada Dalam No.7, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

8. Jelajahi Kemang, Lingkungan Paling Trendi di Jakarta

Luangkan sore dari rencana perjalanan Jakarta Anda untuk menjelajahi Kemang. Secara luas dianggap sebagai lingkungan paling trendi di Jakarta, area ekspatriat di pinggiran kota dipenuhi dengan kafe, toko, dan peluang tamasya.

Ada banyak hal yang bida dilakukan di Kemang. Cicipi secangkir kopi kental sambil berkumpul dengan kucing berbulu di Cutie Cats Cafe. Jelajahi rak-rak novel di toko buku Aksara yang tenang. Lihat pakaian terbaru dari desainer Indonesia yang sedang naik daun di daftar butik Kemang yang selalu berubah. Tonton film di microcinema Kinosaurus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro