Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tips Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Berikut 4 tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan seperti dikutip dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  18:56 WIB
4 Tips Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan
Ilustrasi Rambut rontok - klikdokter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wanita biasanya mengalami rambut rontok yang parah pasca melahirkan. Hal ini tentu membuat mereka merasa khawatir karena takut mengalami kebotakan dan membuat tidak percaya diri.

Jangan panik dulu, ya. Dr. Amrendra Kumar, Konsultan Dermatologis dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut menerangkan bahwa kerontokan rambut pasca melahirkan, dapat terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuh Anda.

"Pada wanita hamil, produksi estrogen di dalam tubuh mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase hidup pada rambut. Imbasnya, rambut terasa lebih tebal dan hanya sedikit rambut yang rontok," ujar Dr. Amrendra Kumar seperti dilansir dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

Sedangkan setelah melahirkan, dia mengatakan kadar hormon estrogen kembali menjadi normal dan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Itu sebabnya jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak daripada biasanya.

Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi selama beberapa bulan awal atau hingga satu tahun sejak melahirkan. Seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh dengan normal.

Berikut 4 tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan seperti dikutip dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

1. Menjaga pola makan yang sehat

Diet sehat sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk wanita pasca melahirkan. Tentu dapat membantu pemulihan secara keseluruhan dan mencegah kerontokan rambut pasca melahirkan.

Pastikan saat Anda diet, makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin dan nutrisi yang tepat, misalnya seperti sayuran, biji-bijian, dan buah segar agar selalu menjaga diri Anda terhidrasi.

2. Kurangi stres

Mengurangi stres dapat membantu mengatur ketidakseimbangan pada hormon. Dampaknya, siklus pertumbuhan rambut tetap terjaga dan tidak memperparah kerontokan.

Cobalah, untuk luangkan waktu sepert meditasi dan latihan pernapasan atau berolahraga ringan secara teratur, hal itu juga dapat membantu mengurangi stres.

3. Gunakan shampo antirontok

Tak ada salahnya jika mengatasi rambutrontok dengan shampo. Tujuannya agar kandungan baik yang berada pada shampo dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut.

Selain itu, Anda juga dapat Gunakan kondisioner agar menambahkan kelembapan pada rambut Anda sekaligus meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kutikula batang rambut.

Pastikan, menggunakan kondisioner hanya pada ujung rambut Anda, bukan di kulit kepala karena akan mengakibatkan kerontokan pada rambut Anda.

4. Hindari penggunaan hairdryer atau bahan kimia

Setelah melahirkan, rambut Anda mungkin lebih rapuh. Tentu Anda perlu hindari penggunaan pengering rambut atau alat pengeriting rambut, serta bahan kimia dari pewarna rambut.

Untuk saat ini, cobalah mengistirahatkan rambut Anda dengan diberi nutrisi vitamin atau kondisioner untuk perawatan rambut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat melahirkan rambut rontok
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top