Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Hal Penting untuk Cegah Serangan Jantung, Lakukan Sejak Usia Muda

Bagi Anda yang ingin mencegah serangan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya ada beberapa tips untuk pencegahannya berikut ini yang harus diterapkan rutin sejak Anda masih muda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  13:59 WIB
Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga - Freepik.com
Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Secara global, kematian akibat penyakit jantung menyumbang 32% dari total kematian dan lebih dari tiga perempat dari kematian ini terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sesuai data dan laporan global, sebagian besar penyakit terkait jantung dapat dicegah dengan mengatasi faktor risiko perilaku seperti penggunaan tembakau, diet dan obesitas yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan penggunaan alkohol yang berbahaya.

Dr Rajpal Singh, Direktur Kardiologi Intervensi, Rumah Sakit Fortis La Femme, Bangalore mengatakan untuk menghindari risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung, dia menyarankan untuk melakukan diet sehat, melakukan olahraga teratur, tidur nyenyak, berhenti merokok, obat-obatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala.

Bagi Anda yang ingin mencegah serangan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya ada beberapa tips untuk pencegahannya berikut ini yang harus diterapkan rutin sejak Anda masih muda :

1. Jenis makanan

Dokter merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi minyak dalam makanan. Dia merekomendasikan setengah liter minyak yang kaya akan lemak jenuh seperti minyak zaitun extra virgin, minyak canola atau minyak biji rami- per bulan untuk orang dewasa dan menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, kacang-kacangan, protein dan serat, dan sangat menyarankan untuk tidak makan merah secara berlebihan. daging.

2. 40 menit olahraga setiap hari

Dia merekomendasikan agar tubuh melakukan olahraga 40 menit per hari. "5 kali seminggu membantu mengurangi risiko kardiovaskular Anda hingga 30%. Ini membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol dan juga meningkatkan kehidupan seks Anda," kata Dr Singh.

3. Kurangi merokok, minum alkohol

Sesuai data yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh merokok dan alkohol. Mengenai hal ini, Dr Singh mengatakan merokok dan narkoba meningkatkan risiko kematian jantung mendadak hampir 50% dibandingkan dengan non-perokok.

Mereka juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung.

"Alkohol dalam jumlah sedang adalah pelindung jantung, tetapi alkohol yang berlebihan berbahaya bagi jantung. Minum berlebihan meningkatkan risiko aritmia jantung, dan kematian jantung mendadak dan harus benar-benar dihindari," katanya.

4. Tidur, Relax

Dia juga menekankan relaksasi. Tidur, katanya, dapat meningkatkan kesehatan mental dan jantung. Seseorang harus tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

Pada cara lain yang efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung, ia berbicara tentang endorfin dan hubungannya dengan tawa dan kebahagiaan.

"Tertawa itu penting, melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu mengurangi tekanan darah Anda, meningkatkan sirkulasi darah Anda dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi membaca, berbagi dan menikmati lelucon, bergabung dengan klub tawa, dan memiliki lebih banyak teman . Mengelola stres emosional melalui tawa sangat penting," kata Dr Singh.

5. Pemeriksaan rutin

Pemeriksaan fisik, tekanan darah, berat badan, hitung darah lengkap, kadar kolesterol, ginjal, hati dan tes fungsi tiroid bersama dengan kadar glukosa darah, dan EKG, harus dilakukan secara teratur kata dokter yang berbasis di Bangalore dan menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli jantung terlatih untuk pemeriksaan jantung yang paling tepat, berdasarkan profil risiko dan gejala.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serangan jantung kebiasaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top