Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mencegah Stroke di Usia Muda, Sebelum 40 Tahun

Orang yang berusia di bawah 40 tahun kini lebih sering terkena stroke dan penyakit jantung. Simak cara mencegah stroke di usia muda.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  08:38 WIB
Penyakit stroke bisa dicegah sejak usia muda dengan mengonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh.
Penyakit stroke bisa dicegah sejak usia muda dengan mengonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh.

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa makanan yang bisa membuka penyumbatan di pembuluh arteri, sehingga bisa mencegah stroke di usia muda, sebelum berusia 40 tahun.

Arteri yang tersumbat karena pola hidup yang  tidak sehat, bisa menyebabkan risiko stroke, serangan jantung mendadak, dan gagal jantung. Pakar kesehatan merekomendasikan makanan yang bisa membersihkan arteri tersumbat.

Apa itu arteri? Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah terbesar tubuh manusia dan mereka memainkan peran penting dalam memberikan oksigen dan nutrisi ke setiap organ, jaringan dan sel.

Dokter Rakesh Rajpurohit, Konsultan Pulmonolog dan Perawatan Kritis Medis di Rumah Sakit Multi-Spesial Jain mengatakan bahwa arteri yang tersumbat pada dasarnya adalah plak yang mendasari pembuluh darah yang terbuat dari kalsium, kolesterol, dan puing-puing seluler.

“Modifikasi pola makan selalu menjadi model awal dalam segala jenis penyakit kardiovaskular. Konsumsi sejak dini makanan yang kaya lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, dan kenari, untuk mencegah stroke di usia muda, yakni sebelum 40 tahun,” seperti dikutip dari Hindu Times, Selasa (25/1/2022).

Dia menyarankan agar masyarakat menghindari makanan yang kaya lemak jenuh Seperti goreng, makanan olahan, keju, kelapa dan minyak sawit untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah yang berisiko menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Simak makanan yang bisa mencegah stroke di usia muda:

1. Biji Rami

Ini adalah sumber yang baik dari omega-3 nabati anti-inflamasi (asam alfa-linolenat), bersama dengan serat dan senyawa tanaman antioksidan yang disebut ligna.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi rami secara teratur dapat membantu menghentikan perkembangan plak aterosklerotik.

cara mencegah stroke di usia muda

2. Kenari dan Almond 

Kacang merupakan sumber protein, serat dan lemak sehat yang baik seperti omega-3. Sesuai penelitian, konsumsi kacang secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan dan penyakit jantung koroner.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, teri, dan mackerel merupakan sumber lemak omega-3 yang ampuh, lemak tak jenuh anti-inflamasi yang kuat yang memiliki efek perlindungan kardio terhadap peradangan pembuluh darah dan aterosklerosis.\

4. Buah Jeruk

Buah jeruk dikemas dengan senyawa polifenol yang disebut flavonoid. Buah jeruk memiliki sifat antioksidan yang kuat - menangkal radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan mendorong proses penyakit. Jeruk juga membantu menjaga berat badan karena tinggi serat.

makanan mencegah stroke dan cegah penyakit serangan jantung

5. Buah Berries

Buah beri adalah buah-buahan berwarna yang dikemas dengan senyawa polifenol seperti quercetin dan anthocyanin, yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. 

Konsumsi buah berries secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan kolesterol LDL, tekanan darah dan bahkan kontrol gula darah - yang semuanya membantu menjaga arteri tetap bersih dan sehat. Blackberry, blueberry, raspberry, dan stroberi adalah paket penting dalam hal kesehatan arteri

6. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan juga telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan peradangan kronis, yang keduanya merupakan kontributor aterosklerosis dan kerusakan pembuluh darah. Mengonsumsi kacang, kacang polong, buncis, lentil juga bisa mencegah stroke di usia muda, sebelum umur 40 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung stroke pemuda
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top