Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Setelah Pensiun

Berikut 6 tips sederhana menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah pensiun.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  14:35 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri yang sudah memasuki masa pensiun - Freepik
Ilustrasi pasangan suami istri yang sudah memasuki masa pensiun - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pensiun tentu akan dinantikan oleh para pekerja. Setelah bertahun-tahun meniti karier, akhirnya datang juga waktu istirahat dan menikmati hidup. Simak 6 tips sederhana agar tetap sehat setelah memasuki masa pensiun.

Namun, banyak orang khawatir kondisi kesehatannya ikut menurun setelah pensiun. Seperti diketahui, bahwa proses penuaan biasanya berawal dari timbulnya kerutan, keriput, atau garis halus pada kulit wajah dan tubuh.

Kemudian, secara perlahan nantinya sistem kekebalan tubuh akan mulai melemah. Imbasnya, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Meski penuaan tidak dapat dihentikan tapi bisa diperlambat dengan menjalani hidup sehat agar tetap bugar.

Berikut 6 tips sederhana menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah pensiun yang dikutip dari PinkVilla, Selasa (24/1/2022).

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Seiring bertambahnya usia, Anda membutuhkan program makan yang sehat dan seimbang untuk menstabilkan tingkat energi kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Diet sehat untuk lansia (lanjut usia) sangat penting untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, daging tanpa lemak, protein, dan susu.

2. Rutin Olahraga

Tahukah Anda, faktor usia ternyata dapat mempercepat hilangnya massa otot dan tulang yang kuat. Karena itu, cobalah untuk mulai rutin menggerakkan tubuh Anda, jangan terlalu banyak tidur dan duduk di kursi.

Anda dapat mencoba olahraga low impact seperti berjalan, berenang, atau yoga. Olahraga tersebut dapat memberi Anda lebih banyak energi dan juga membantu menjaga pikiran Anda menjadi tenang.

3. Merangsang Otak

Ketika Anda menua, biasanya memori dan perubahan kognitif lainnya bisa menimbulkan frustrasi pada diri Anda. Jangan khawatir, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar menjaga otak Anda tetap aktif.

Anda dapat membaca, mengerjakan teka-teki silang (TTS), melakukan hobi baru, atau mempelajari keterampilan baru.

4. Bersosialisasi

Bersosialisasi dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Ketika Anda mulai menua bukan berarti menutup lingkup sosial Anda hanya dengan berdiam diri di rumah.

Cobalah dengan berkumpul bersama teman-teman Anda untuk menikmati dan bernostalgia saat dimasa muda tentu cukup menyenangkan.

Selain itu, Anda dapat mengikuti komunitas atau klub senam dan sebagainya untuk menambah pengalaman, mengenal orang baru dan mengisi masa tua Anda.


5. Kurangi Alkohol

Jika sejak muda Anda sudah terbiasa mengkonsumsi minuman alkohol, ada baiknya ketika menjelang di masa tua Anda menguranginya. Ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Pasalnya, alkohol bisa menjadi pemicu penyakit berbahayanya bahkan kematian dini.


6. Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan, terutama kucing atau anjing akan membantu Anda tetap bugar dan sehat selama masa tua. Keberadaan hewan peliharaan juga memberikan dukungan sosial dan kenyamanan saat Anda berinteraksi dengan hewan tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun tips sehat penuaan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top