Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lensa Kontak hingga Kelainan Mata, Ini 6 Penyebab Mata Buram

Berikut beberapa kemungkinan penyebab mata buram yang bisa Anda alami termasuk di usia paruh baya.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  16:38 WIB
Ilustrasi - Idiva
Ilustrasi - Idiva

Bisnis.com, JAKARTA – Penglihatan merupakan salah satu indera yang berharga. Dengan mata, Anda bisa melihat segala sesuatunya dengan baik dan jelas. Akan tetapi pernahkah Anda mengalami mata buram?

Mata buram adalah kondisi dimana ketajaman penglihatan Anda mulai hilang dan mata Anda tidak mampu untuk melihat suatu objek secara mendetail. Meskipun dalam kebanyakan kasus masalah seperti ini tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi kondisi ini tetap saja mengganggu dan dapat berbahaya apabila Anda sedang mengemudi.

Mencari tahu penyebabnya adalah salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini dan juga membantu Anda menemukan perawatan yang tepat.

Asisten Profesor Oftalmologi di Wake Forest Baptist Medical Center Rajiv Shah mengingatkan untuk tidak mengabaikan atau meremehkan penglihatan yang buram.

“Apakah penglihatan buram datang tiba-tiba atau perlahan-lahan menyergap Anda, Anda harus tahu apa kemungkinan penyebabnya,” kata Shah.

Lantas, apa saja penyebab penglihatan menjadi buram? Berikut beberapa kemungkinan penyebab mata buram, melansir Health Digest, Selasa (25/1/2022).

1. Kelainan refraksi mata

Penyebab umum mata buram adalah kelainan refraksi mata seperti rabun jauh, rabun dekat, presbiopi dan astigmatisma. Saat Anda sulit melihat sesuatu dengan jelas pada jarak 20 kaki, Anda mungkin mengalami rabun jauh. Saat Anda sulit melihat sesuatu pada jarak dekat, namun mampu melihat di kejauhan dengan jelas, Anda mungkin mengalami rabun dekat.

Masalah-masalah ini bisa Anda atasi dengan mendapatkan kacamata dan lensa kontak yang tepat.

2. Katarak

Katarak adalah kondisi dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan, sehingga menghalangi cahaya mencapai retina. Kondisi ini membutuhkan waktu yang lama untuk diketahui, hingga penglihatan pada jarak berapapun menjadi keruh dan berkabut. Katarak biasanya terkait dengan penuaan.

3. Glaukoma

Gangguan penglihatan yang terkait dengan penuaan lainnya adalah glaukoma. Glaukoma adalah kerusakan pada saraf mata akibat tingginya tekanan di dalam bola mata. Ini adalah penyebab utama kebutaan pada mereka yang berusia di atas 60 tahun.

4. Lensa kontak

Tidur tanpa melepas lensa kontak dapat menyebabkan penglihatan Anda buram. Saat kontak bergerak, mereka akan membuat goresan kecil pada mata yang dapat menginfeksi, sehingga penglihatan Anda menjadi buram. Oleh karena itu, pastikan untuk melepas lensa kontak Anda sebelum tidur.

5. Retina yang terlepas

Menurut Medical News Today, gejalanya ditandai dengan adanya bintik hitam yang mengambang, bayangan di samping atau ditengah bidang penglihatan Anda, atau kilatan cahaya di satu atau kedua mata Anda.

6. Terlalu lama menatap layar

Terlalu lama menatap layar smartphone, komputer atau TV dapat menyebabkan mata Anda menjadi buram. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya. Meskipun begitu, Anda perlu membatasi diri terhadap layar smartphone dan lainnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata katarak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top