Ucapan selamat Hari Valentine / Pinterest
Relationship

14 Februari 2022 Valentine's Day, Kenapa Identik dengan Coklat?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 13 Februari 2022 - 17:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Besok, 14 Februari dirayakan sebagai hari kasih sayang atau valentine day di seluruh dunia.

Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari saat para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines"

Hari ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Kupido bersayap.

Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine dikirimkan per tahun.

Hal ini membuat valentine day menjadi hari terbesar kedua setelah Natal ketika kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi tersebut juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan coklat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Kenapa bunga dan cokelat identik dengan valentine day

Pada tahun 1840-an, gagasan Hari Valentine sebagai hari libur untuk merayakan cinta romantis telah mengambil alih sebagian besar dunia berbahasa Inggris.

Hal tersebut memberikan inspirasi pada Richard Cadbury, keturunan dari keluarga pemilik pabrik cokelat Inggris.

Richard Cadbury menyadari peluang pemasaran yang besar untuk cokelat baru dan mulai menjualnya dalam kotak yang didekorasi dengan indah berbentuk hati yang dia rancang sendiri. 

Sejak saat itu, menjadi hal yang umum memberikan cokelat dalam kemasan berbentuk hati. Meskipun Richard Cadbury tidak benar-benar mematenkan kotak berbentuk hati itu.

Cadbury memasarkan kotak-kotak itu memiliki tujuan ganda: Ketika semua cokelat telah dimakan, kotak itu sendiri sangat cantik sehingga dapat digunakan berulang kali untuk menyimpan kenang-kenangan, dari seikat rambut hingga surat cinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro