Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

13 Tanda Anda Dehidrasi, dari yang Ringan hingga Berbahaya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Februari 2022 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda cukup mengonsumsi air minum selama ini?

Seperti diketahui, kurang asupan air bisa membuat Anda dehidrasi. Dilansir dari Health Digest, ada beberapa jenis dehidrasi seperti skala ringan, sedang, atau berat.

Lantas, sebenarnya berapa banyak air yang harus Anda konsumsi dan apa dampak dan tanda-tanda kamu dehidrasi.

Dehidrasi tidak bisa diabaikan, karena bisa berdampak buruk pada tubuh Anda.

Menurut jurnal Emergency Nurse, kehilangan hanya 10 hingga 15% dari total air dalam tubuh Anda sudah cukup untuk mengalami bentuk dehidrasi yang berpotensi mengancam jiwa ini.

Menurut Medical News Today, diare bukan hanya salah satu penyebab dehidrasi yang lebih sering, tetapi juga kematian terkait dehidrasi.

Diare hanyalah salah satu kondisi medis yang dapat menyebabkan dehidrasi. Misalnya, setiap kali tubuh Anda melepaskan lebih banyak cairan daripada biasanya (seperti saat Anda muntah), Anda berisiko mengalami dehidrasi.

Selain itu, lonjakan glukosa yang dapat terjadi pada seseorang dengan diabetes terkadang dapat meningkatkan seberapa sering seseorang perlu buang air kecil. Singkatnya, mengenali kemungkinan gejala dehidrasi sangat penting dan juga tetap terhidrasi dengan baik.

Namun, seperti yang diperingatkan oleh Go Health Urgent Care, minum terlalu banyak air saat Anda mengalami dehidrasi parah dapat menyebabkan hiponatremia. Menurut Mayo Clinic, jika ini terjadi, natrium dalam darah Anda bisa turun ke tingkat yang berpotensi mengancam jiwa.

Jadi, jika Anda mencurigai seseorang mengalami dehidrasi parah (atau bahkan sedang), jangan ragu untuk meminta bantuan medis. Berikut adalah beberapa tanda peringatan dehidrasi yang tidak boleh Anda abaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro