Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Fakta : Alat Swab Tes Covid Mengandung Lithium

Juru Bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa alat usap hidung yang digunakan untuk menguji Covid-19 tidak mengandung lithium.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  10:48 WIB
Petugas sedang mengambil sampel swab tes antigen. - dok. Bundamedik
Petugas sedang mengambil sampel swab tes antigen. - dok. Bundamedik

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa alat tes usap hidung yang digunakan dalam tes Covid-19 mengandung lithium.

Lithium disebut digunakan sebagai mood stabilizer untuk mengobati gangguan bipolar. Efek sampingnya bisa termasuk mual, diare, mulut kering, tangan gemetar, dan mengantuk.

Dilansir dari reuters.com mengutip dari kominfo.go.id, Juru Bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa alat usap hidung yang digunakan untuk menguji Covid-19 tidak mengandung lithium.

Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) turut mengatakan tidak mungkin ada lithium dalam alat tes swab Covid-19.

Adapun perangkat medis yang disetujui untuk tes Covid-19 adalah yang memiliki tanda 'CE' atau 'UKCA' pada kemasannya, telah mengikuti persyaratan peraturan perangkat medis dan dianggap aman untuk digunakan.

Lebih lanjut, Dr. Alexander Edwards, profesor di bidang teknologi biomedis di University of Reading mengatakan sumber kebingungan mungkin bermula dari penggunaan "Lithium Heparin" di beberapa tabung pengumpulan darah pada tes antibodi. Namun, meski begitu Lithium Heparin yang digunakan dalam tabung pengumpulan tes antibodi tidak akan bersentuhan langsung dengan pengguna.

KATEGORI: DISINFORMASI

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 PCR
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top