Petugas sedang mengambil sampel swab tes antigen./dok. Bundamedik
Health

Cek Fakta : Alat Swab Tes Covid Mengandung Lithium

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 25 Februari 2022 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa alat tes usap hidung yang digunakan dalam tes Covid-19 mengandung lithium.

Lithium disebut digunakan sebagai mood stabilizer untuk mengobati gangguan bipolar. Efek sampingnya bisa termasuk mual, diare, mulut kering, tangan gemetar, dan mengantuk.

Dilansir dari reuters.com mengutip dari kominfo.go.id, Juru Bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa alat usap hidung yang digunakan untuk menguji Covid-19 tidak mengandung lithium.

Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) turut mengatakan tidak mungkin ada lithium dalam alat tes swab Covid-19.

Adapun perangkat medis yang disetujui untuk tes Covid-19 adalah yang memiliki tanda 'CE' atau 'UKCA' pada kemasannya, telah mengikuti persyaratan peraturan perangkat medis dan dianggap aman untuk digunakan.

Lebih lanjut, Dr. Alexander Edwards, profesor di bidang teknologi biomedis di University of Reading mengatakan sumber kebingungan mungkin bermula dari penggunaan "Lithium Heparin" di beberapa tabung pengumpulan darah pada tes antibodi. Namun, meski begitu Lithium Heparin yang digunakan dalam tabung pengumpulan tes antibodi tidak akan bersentuhan langsung dengan pengguna.

KATEGORI: DISINFORMASI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro