Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

5 Fakta Penyakit Diabetes yang Wajib Diketahui

Novita Sari Simamora
Kamis, 3 Maret 2022 - 13:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes menjadi penyakit yang banyak ditemui di Indonesia di Indonesia. Ada beberapa fakta yang perlu diketahui untuk menghindari diabetes.

Mengutip dari Pink Villa, Kamis (3/3/2022), banyak orang yang mengatakan bahwa terlalu banyak makan gula bisa menyebabkan diabetes. Namun, benarkan diabetes hanya disebabkan oleh makanan yang manis saja?

Archana Batra, seorang Ahli Diet, Fisioterapis dan Pendidik Diabetes Bersertifikat mengatakan ada beberapa fakta penting yang muncul di masyarakat tentang diabetes. 

  1. Makanan bertepung harus dihindari

Makanan bertepung, juga dikenal sebagai makanan karbohidrat seperti gandum, nasi, roti, sereal, merupakan bagian utama dari diet seimbang seseorang. Makan bertepung adalah sumber utama komponen pemberi energi dan tidak boleh dihindari sama sekali.

Namun, karena pati terurai menjadi glukosa, menjadi sumber energi bagi tubuh, penting untuk mengetahui jumlah karbohidrat yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  1. Setelah diabetes, sebaiknya jangan mengubah rencana diet Anda

Ada dua jenis diabetes, diabetes tipe-2 adalah penyakit kumulatif yang terus meningkat seiring waktu, jika tidak ditangani. Ketika didiagnosis dengan diabetes, pankreas dalam tubuh Anda masih memproduksi sejumlah insulin.

Namun, jika Anda tidak mengubah kebiasaan makan dan rencana diet Anda sesuai dengan penyakitnya, pankreas mungkin akan segera berhenti melakukannya dan Anda hanya akan bergantung pada pil dan suntikan insulin.

Oleh karena itu, perlu untuk mengubah dan mengadopsi kebiasaan makan yang sehat dan rencana diet yang dikonsultasikan dengan ahli gizi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

  1. Batasi konsumsi alkohol

Anda dapat mengkonsumsi alkohol tetapi kuncinya adalah untuk tetap di bawah batas. Itu selalu disarankan untuk tidak menjadi konsumen reguler alkohol dan memiliki hari bebas alkohol dalam rencana diet Anda.

  1. Mudah terinfeksi penyakit lain

Orang yang terinfeksi diabetes bisa lebih mudah terinfeksi penyakit lain. Namun, pengelolaan kadar glukosa darah diubah pada diabetes yang dapat meningkatkan keparahan penyakit atau infeksi.

Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan diabetes juga. Oleh karena itu, perlu untuk mengikuti gaya hidup sehat dan juga langkah-langkah pencegahan untuk mencegah infeksi dan penyakit.

  1. Produk dan suplemen alami dapat menyembuhkan diabetes

Secara medis, tidak ada obat yang tepat untuk mengobati diabetes secara tuntas. Banyak produk atau suplemen alami yang dapat mengurangi beberapa efek diabetes, tetapi tidak ada satupun yang dapat menyembuhkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro