Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Diet Pescatarian? dan Apa Kelebihannya Dibandingkan Jenis Diet Lainnya

Ini adalah pola makan nabati yang sebagian besar terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, produk dan lemak sehat, dengan makanan laut memainkan peran kunci sebagai sumber protein utama. Banyak pescatarian juga makan susu dan telur.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  10:51 WIB
Apa Itu Diet Pescatarian? dan Apa Kelebihannya Dibandingkan Jenis Diet Lainnya
Ilustrasi diet - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA—Pescatarian adalah seseorang yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam diet vegetarian. Ada banyak alasan orang memilih untuk tidak makan daging dan unggas, tetapi tetap makan ikan.

Istilah pescatarian diciptakan pada awal 1990-an dan merupakan kombinasi dari kata Italia untuk ikan, "pesce," dan kata "vegetarian." Kadang-kadang dieja "pescetarian," tapi ini artinya sama.

Dalam literatur ilmiah, diet ini sering digambarkan sebagai "pesco-vegetarian," dan dikelompokkan ke dalam spektrum vegetarianisme. Menurut definisi itu, pescatarian adalah seseorang yang memilih untuk makan makanan vegetarian, tetapi juga makan ikan dan makanan laut lainnya.

Ini adalah pola makan nabati yang sebagian besar terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, produk dan lemak sehat, dengan makanan laut memainkan peran kunci sebagai sumber protein utama. Banyak pescatarian juga makan susu dan telur.

Alasan Orang Memilih Diet Pescatarian

Ada beberapa alasan orang mungkin memilih untuk makan diet pescatarian. Berikut adalah beberapa yang utama:

1. Keuntungan sehat

Ada banyak manfaat yang terbukti dari pola makan nabati, termasuk risiko obesitas dan penyakit kronis yang lebih rendah seperti penyakit jantung dan diabetes. Menurut penelitian, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat perlindungan dari diet pescatarian seperti risiko kematian akibat penyakit jantung 22% lebih rendah dibandingkan dengan pemakan daging biasa.

2. Kepedulian Lingkungan

Budidaya ternak datang dengan biaya lingkungan yang tinggi. Memelihara ternak menyumbang 15% dari semua emisi karbon buatan manusia. Sebaliknya, memproduksi ikan dan makanan laut memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada memproduksi semua jenis daging hewan atau keju.

3. Alasan Etis

Etika bisa menjadi alasan utama mengapa orang memilih menjadi vegetarian. Ini bisa menjadi alasan utama bagi pescatarian juga. Beberapa alasan etis orang memilih untuk tidak makan daging adalah menentang pembantaian, praktik pabrik yang tidak manusiawi, kondisi tenaga kerja yang buruk, dan alasan kemanusiaan.

Manfaat Menambahkan Ikan ke Diet Vegetarian

Ada banyak manfaat kesehatan dari menambahkan ikan ke dalam diet vegetarian. Secara khusus, vitamin B12, seng, kalsium, dan protein bisa lebih sulit didapat dari pola makan vegan Menambahkan makanan laut, termasuk ikan, krustasea dan moluska, ke dalam diet vegetarian dapat memberikan nutrisi dan variasi yang bermanfaat. Berikut manfaat lainnya:

1. Mendapatkan Lebih Banyak Omega-3

Ikan adalah cara terbaik untuk mendapatkan asam lemak omega-3. Beberapa makanan nabati, mengandung asam alfa-linolenat (ALA), sejenis lemak omega-3. Namun, jenis ALA ini tidak mudah diubah menjadi asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) di dalam tubuh. DHA dan EPA memiliki manfaat kesehatan tambahan, membantu tidak hanya jantung, tetapi juga fungsi otak dan suasana hati.

2. Tingkatkan Asupan Protein Anda

Manusia hanya membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per 2,2 pon (1 kg) berat badan setiap hari untuk tetap sehat. Itu sekitar 54 gram untuk orang seberat 150 pon (68 kg). Diet tinggi protein bisa sulit dicapai hanya dengan protein nabati, terutama jika Anda tidak menginginkan karbohidrat atau lemak ekstra dengan protein Anda. Ikan dan makanan laut lainnya menawarkan sumber protein tanpa lemak yang sangat baik.

3. Makanan Laut Dikemas Dengan Nutrisi Lain

Selain omega-3 dan protein, makanan laut kaya akan beberapa nutrisi lainnya. Misalnya, tiram sangat tinggi vitamin B12, seng dan selenium. Kerang juga sangat kaya vitamin B12 dan selenium, serta mangan dan vitamin B lainnya (19). Varietas ikan putih seperti cod dan flounder tidak menghasilkan banyak lemak omega-3, tetapi mereka adalah sumber protein yang sangat rendah lemak.

4. Anda akan Memiliki Opsi Ekstra

Menjadi vegetarian terkadang bisa membatasi, contohnya makan di restoran yang sering kali memberi Anda pilihan yang tidak terlalu sehat. Jika kesehatan setidaknya memotivasi pilihan makanan Anda, maka menjadi pescatarian akan memberi Anda lebih banyak pilihan. Ditambah lagi, ikan umumnya enak, terutama jika Anda membuatnya dipanggang atau ditumis, bukan digoreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diet kantong menu diet seimbang diet Diet diet keto
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top