Ilustrasi diet puasa atau intermitten fasting/Freepik
Health

Diet Harvard Bisa Bikin Umur Lebih Panjang hingga 20 Persen

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 26 Maret 2023 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet Harvard menjadi suatu rencana yang cukup mendapatkan perhatian. Sebuah studi menemukan bahwa empat pola makan yang spesifik bermanfaat bagi diet kesehatan dalam beberapa yang dapat membuat hidup lebih lama.

Diet Mediterania Alternatif menjadi salah satu diet untuk orang Amerika (MyPlate) dengan diet berbasis tumbuhan yang sehat dan alternatif makanan sehat. Dalam penelitian disebutkan bahwa orang yang mengikuti diet ini 20% lebih kecil untuk meninggal selama 36 tahun dan memiliki risiko terkena penyakit lebih rendah seperti kanker, penyakit pernafasan, dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir melalui healthline, Samantha Coogan Direktur program Program Didaktik dalam Nutrisi & Diet di Universitas Nevada Las Vegas mengatakan bahwa Harvard Diet atau Healthy Eating Plate, hampir identik dengan MyPlate yang dikembangkan oleh USDA pada Juni 2011 namun memiliki beberapa perbedaan penting.

“Kedua konsep tersebut merekomendasikan ½ porsi piring/makanan Anda harus terdiri dari buah/sayuran, ¼ dari biji-bijian utuh, dan ¼ dari protein. Simbolnya hampir identik” kata Samantha Coogan.

Perbedaan utama lainnya antara keduanya adalah rekomendasi lemak dan susu. MyPlate merekomendasikan satu porsi susu setiap kali makan, tetapi Harvard Diet menyarankan mengganti susu dengan air, kopi, atau teh.

“Para peneliti di Harvard sampai pada kesimpulan ini karena prevalensi intoleransi laktosa yang lebih tinggi dI AS” ujar Samantha Coogan. “Selain itu, mereka menganjurkan menghindari minuman manis secara umum dan membatasi susu hingga 1-2 porsi per hari”

Perbedaan penting lainnya antara rencana tersebut menurut Coogan, adalah bahwa Harvard Diet menyarankan lemak sehat dalam jumlah minyak nabati seperti minyak zaitun, kanola kedelai, kacang tanah, jagung, dan bunga matahari dan menghindari lemak trans.

Menurut Antonette Hardie yang merupakan ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan bahwa banyak manfaat yang terkait dengan Diet Harvard
“Beberapa manfaat antara lain menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi dan hipertensi. Penurunan berat badan juga bisa menjadi menjadi manfaat dari diet ini” kata Antonette Hardie.

Dia mengatakan bahwa manfaat ini terjadi karena cara makan ini rendah, makanan olahan dan lemak jenuh, kedua nya dikaitkan dengan peningkatkan risiko penyakit dalam kondisi ini.

Metode MyPlate yang dikombinasikan dengan diet Mediterania ini untuk menciptakan kebiasaan makan sehat yang dapat dipertahankan oleh orang-orang. Diet Harvard ini menggunakan metode MyPlate yang dikombinasikan dengan diet Mediterania untuk menciptakan kebiasaan makan yang sehat.

Seorang ahli diet di The Plant Powered Dietitian, Sharon Palmer mencatat bahwa cara makan ini juga dipenuhi dengan karbohidrat sehat, serat, vitamin, mineral, lemak sehat dan fitokimia selain lebih rendah kolesterol, lemak jenuh dan natrium.
“Saya penggemar rencana diet ini, karena ini masuk akal pada penelitian yang telah dilakukan selama beberapa dekade terakhir dan mudah diikuti” ujarnya.

Beberapa para ahli setuju dengan metode Diet Harvard ini karena diet ini mempunyai kualitas yang melebihi kuantitasnya dalam hal karbohidrat serta tidak menjelekan produk susu namun menggantinya dengan menawarkan asupan yang lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro