Ilustrasi makanan sehat/Freepik
Health

Menu Diet Sehat untuk Lawan Omicron dan Subvariannya

Aliftya Amarilisya
Rabu, 2 Februari 2022 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Para dokter dan praktisi kebugaran menyarankan untuk mengubah pola makan dengan menu diet sehat demi meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi Covid-19 varian Omicron.

“Ide di balik memerangi Omicron dengan makanan yakni untuk memberikan sistem kekebalan Anda kebebasan untuk melawan infeksi. Diet yang baik dan seimbang,” kata pelatih pengobatan fungsional asal India, Vijay Thakkar, dikutip dari Indian Express pada Rabu (2/2/2022).

Adapun diet yang disarankan, yakni makanan kaya protein, seperti kacang-kacangan dengan sembilan asam amino esensial sebagai kunci untuk membangun kembali dan mempertahankan kekebalan yang baik.

Kemudian, biji-bijian sebagai sumber makanan yang kaya antioksidan, selenium, zinc, protein, serta vitamin E dan B6, seperti almond, walnut, biji labu, rami, dan chia.

Lalu, sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kacang polong, dan bayam yang mana menyimpan sumber vitamin C, lemak sehat, serat dan zat besi.

Selain itu, konsumsi pula buah-buahan, seperti jeruk dan anggur yang dapat membantu menghidrasi tubuh, serta makanan kaya mineral penting, seperti jamur, ikan, dan telur.

Selanjutnya, jika Anda tengah melawan Omicron, yogurt bisa menjadi pilihan bergizi untuk Anda. Probiotik yang terkandung bisa meningkatkan pencernaan Anda dan membantu bakteri usus yang sehat.

Di sisi lain, baiknya hindari makanan yang digoreng dan terbuat dari tepung serta lemak trans karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro