Paris Fashion Week/flickr.com
Fashion

Sejarah Paris Fashion Week, Kapan Pertama Kali Digelar?

Aliftya Amarilisya
Rabu, 9 Maret 2022 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Banyaknya brand Tanah Air yang mendompleng acara fashion show Paris Fashion Week sempat memunculkan kontroversi tersendiri di tengah masyarakat. Namun, apa sih Paris Fashion Week itu sendiri?

Paris Fashion Week atau Semaine de la mode de Paris adalah satu dari empat pekan mode besar--New York Fashion Week (NYFW), London Fashion Week, dan Milan Fashion Week--yang menampilkan karya desainer kelas dunia.

Dilansir dari laman PWF, Rabu (9/3/2022), acara peragaan busana ini menghadirkan tiga kategori fesyen, yakni busana pria, Haute Couture atau koleksi adibusana, dan Prêt-à-Porter atau baju siap pakai.

Namun, perlu diketahui bahwa tak semua brand, bahkan yang ternama sekalipun bisa dengan mudah memamerkan koleksinya di Paris Fashion Week ini. Mereka diharuskan untuk melewati proses kurasi yang super ketat terlebih dahulu.

Untuk tahun 2022 ini sendiri, Indonesia berhasil membawa dua jenama asal Indonesia, yakni Sean Sheila dan Jewel Rocks Bijoux, berhasil lolos seleksi.

Sementara itu, Paris Fashion Week ini diselenggarakan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) yang mana telah berdiri pada 1868. FCHM kemudian menggelar peragaan busana pertamanya pada Agustus 1914.

Namun, gelaran Paris Fashion Week sendiri baru diakui pada 1973. Kala itu, acara tersebut ditujukan sebagai penggalangan dana untuk merestorasi istana Versailles.

Pelaksanaannya kemudian diawasi oleh pendiri New York Press Week, Eleanor Lambert, serta dihadiri oleh para desainer kondang, antara lain Anne Klein, Bill Blass, Hubert de Givenchy, Oscar de la Renta, dan Yves Saint Laurent.

Kini, Paris Fashion Week tak sekadar jadi ajang fashion show, namun juga kiblat fesyen dunia sekaligus pesta mewah para perancang busana dan pesohor ternama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro