Ginjal/medicinet.com
Health

Awas! Kebanyakan Minum Obat Anti Nyeri Bisa Rusak Ginjal

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Maret 2022 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apa yang Anda lakukan jika Anda mengalami sakit kepala, demam, atau nyeri otot? Kemungkinannya adalah meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas (tanpa resep).

Obat pereda nyeri, juga disebut analgesik, membantu meredakan nyeri, demam, dan bahkan peradangan. Obat-obatan ini dapat membantu dengan arthritis, pilek, sakit kepala (termasuk migrain), nyeri otot, kram menstruasi, sinusitis dan sakit gigi.

Melansir kidney.org, obat ini efektif dan biasanya aman. Namun, penting untuk disadari bahwa tidak ada obat yang sepenuhnya tanpa risiko. Mereka harus digunakan dengan hati-hati. Bila digunakan secara tidak tepat, obat pereda nyeri dapat menyebabkan masalah pada tubuh, termasuk ginjal.

Menurut National Kidney Foundation, sebanyak 3 persen hingga 5 persen kasus baru gagal ginjal kronis setiap tahun mungkin disebabkan oleh penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berlebihan. Setelah penyakit ginjal terjadi, terus menggunakan obat masalah membuatnya lebih buruk.

Obat nyeri nonresep tidak boleh digunakan tanpa izin dokter Anda jika Anda tahu Anda memiliki fungsi ginjal yang rendah. Juga, bahkan jika fungsi ginjal Anda baik, penggunaan jangka panjang dengan dosis tinggi obat nyeri ini dapat membahayakan ginjal. Kerusakan ginjal terjadi karena dosis tinggi obat memiliki efek berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal. Obat ini juga dapat mengurangi aliran darah ke ginjal. Jika Anda lebih tua, ginjal Anda mungkin memiliki reaksi yang lebih kuat terhadap obat-obatan ini dan Anda mungkin memerlukan dosis yang lebih kecil.

Penyakit ginjal akibat obat pereda nyeri seringkali dapat dicegah. Anda dapat mengubah risiko Anda dengan cara Anda minum obat. Untuk menghindari masalah ginjal, penting untuk mengikuti petunjuk pada label. Anda harus memberi tahu tim perawatan kesehatan Anda seberapa sering Anda menggunakan obat ini dan berapa banyak pil yang Anda minum. Anda harus minum banyak cairan dan menghindari dehidrasi saat menggunakan obat-obatan ini. Jika Anda memiliki risiko khusus, dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan alternatif yang lebih aman dan dapat memesan tes rutin untuk memantau fungsi ginjal.

Tips konsumsi obat nyeri

1. Persis seperti yang ditentukan atau seperti pada label
2. Dengan dosis serendah mungkin
3. Untuk periode waktu terpendek.

4. Pastikan Anda membaca label peringatan sebelum menggunakan analgesik yang dijual bebas.
5. Jangan menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas lebih dari 10 hari untuk nyeri atau lebih dari tiga hari untuk demam. Jika Anda mengalami rasa sakit atau demam untuk waktu yang lebih lama, Anda harus menemui dokter Anda.
6. Hindari penggunaan obat pereda nyeri yang mengandung kombinasi bahan, seperti aspirin, asetaminofen, dan kafein yang dicampur dalam satu pil.
7. Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri, tingkatkan jumlah cairan yang Anda minum menjadi enam hingga delapan gelas sehari.
8. Jika Anda sedang mengonsumsi obat pereda nyeri, hindari minum alkohol.
9. Berbicara dengan dokter Anda tentang obat nyeri juga dapat membuat perbedaan:

10. Jika Anda memiliki penyakit ginjal, tanyakan kepada dokter Anda sebelum minum obat pereda nyeri, terutama NSAID dan aspirin dosis tinggi.
11. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, pastikan Anda hanya mengonsumsi NSAID di bawah pengawasan dokter Anda. Ini sangat penting jika Anda minum obat diuretik atau berusia di atas 65 tahun.
12. Pastikan dokter Anda mengetahui semua obat yang Anda konsumsi, bahkan obat yang dijual bebas.

Tips keamanan lainnya:

1. Jika Anda memiliki obat pereda nyeri di rumah, pastikan anak-anak tidak dapat menjangkaunya.
2. Untuk menghindari interaksi serius dengan obat resep, tanyakan kepada apoteker atau dokter Anda sebelum menggunakan analgesik, jika Anda mengonsumsi obat lain secara teratur.
3. Dan, buanglah obat pereda nyeri yang tidak terpakai setelah tanggal kedaluwarsa.

Beragam jenis obat analgesik

Analgesik adalah obat yang membantu mengendalikan rasa sakit dan mengurangi demam, dan beberapa jenis juga mengurangi peradangan. Ini adalah analgesik yang umum digunakan:

1. Parasetamol

Meskipun aspirin adalah analgesik yang paling umum selama beberapa dekade, hari ini, obat nyeri over-the-counter yang paling umum digunakan adalah asetaminofen. Obat ini tersedia dengan nama merek Tylenol® dan sebagai obat generik (tanpa nama merek) dengan kata “acetaminophen” pada kemasannya. Hal ini sering efektif untuk nyeri ringan sampai sedang. Keamanannya tergantung pada cara penggunaannya. Orang yang mengambil terlalu banyak atau terlalu sering mengambil risiko efek samping atau lebih buruk. Acetaminophen juga ditemukan dalam kombinasi dengan bahan lain di banyak obat flu, sinus, dan batuk. Jika Anda meminum obat ini bersama-sama, dosisnya bisa bertambah.

2. Aspirin

Ini adalah salah satu obat yang dikelompokkan bersama dengan nama "obat antiinflamasi nonsteroid" atau NSAID. Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) adalah kelompok khusus penghilang rasa sakit. Beberapa NSAID tersedia tanpa resep. Ini termasuk berbagai merek aspirin, ibuprofen, naproxen sodium, dan ketoprofen. NSAID kekuatan resep juga tersedia.

3. Ibuprofen (nama merek umum adalah Advil® atau Motrin®) adalah NSAID.

Seperti NSAID lainnya, ibuprofen meredakan peradangan, yang menyebabkan rasa sakit, atau memblokir sinyal rasa sakit yang masuk ke otak.

Beberapa analgesik mengandung kombinasi bahan penghilang rasa sakit dalam satu pil––seperti aspirin, asetaminofen, dan kafein.

Analgesik apa yang aman untuk penderita penyakit ginjal?

Acetaminophen adalah obat yang sering direkomendasikan untuk penggunaan sesekali pada pasien dengan penyakit ginjal. Tetapi setiap orang dengan penyakit ginjal harus bergantung pada dokter atau profesional perawatan kesehatan lainnya untuk mendapatkan rekomendasi pribadi. Penting untuk diketahui bahwa obat apa pun dapat berbahaya jika digunakan dalam dosis tinggi atau sangat sering. Orang dengan penyakit ginjal juga harus menghindari minum alkohol saat minum obat pereda nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro