Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Olahraga Terbaik saat Ramadan, dan Kapan Melakukannya

Berikut 4 olahraga terbaik yang bisa dilakukan saat ramadan di rumah saja
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 05 April 2022  |  13:37 WIB
Pose child pose Yoga untuk mengobati nyeri punggung - Freepik.com
Pose child pose Yoga untuk mengobati nyeri punggung - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA—Meskipun olahraga umumnya aman, melakukan olahraga dengan intensitas dan volume tinggi terutama saat berpuasa dapat menekan atau bahkan menurunkan tingkat kekebalan Anda.

Para ahli berbagi manfaat dari berlatih olahraga intensitas tinggi dan rendah agar tetap bugar selama Ramadan. Asalkan hindari berolahraga 1-2 jam sebelum tidur agar adrenalin (hormone stres) Anda turun untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Berikut 4 olahraga terbaik yang bisa dilakukan saat ramadan di rumah saja

1. Olahraga Kontak

Olahraga kontak adalah cara yang baik untuk mempertahankan tingkat kebugaran umum Anda selama Ramadan dan untuk pengkondisian secara keseluruhan. Olahraga tersebut dapat mencakup sepak bola, bola basket, bola voli, dan tenis, antara lain. Setiap olahraga kontak membutuhkan energi tingkat tinggi karena dapat menjadi latihan yang intens bagi tubuh.

Selama Ramadhan disarankan untuk melakukan olahraga tersebut beberapa jam setelah mengakhiri puasa Anda. Selama jam-jam puasa, kadar glikogen tubuh sudah habis sehingga tidak dapat bekerja pada intensitas yang dibutuhkan.

2. Yoga

Yoga adalah bentuk latihan fisik dan mental yang bagus untuk seluruh tubuh. Ini dapat digolongkan sebagai bentuk latihan yang lebih ringan yang tidak memerlukan terlalu banyak beban kardiovaskular pada tubuh Anda.

Selama Ramadan, yoga dapat dilakukan di siang hari tanpa mengerahkan terlalu banyak tenaga, namun, disarankan agar semua olahraga dilakukan setelah berbuka puasa, setelah tubuh ternutrisi dan terhidrasi.

3. Latihan Aerobik/Menari

Latihan aerobik dan tari seperti Zumba dan body jam dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular seseorang sekaligus membakar banyak kalori. Kedua bentuk latihan tersebut bergantung pada tingkat kebugaran seseorang, dan bisa lebih berat bagi mereka yang tidak aktif secara teratur

Latihan semacam itu harus dilakukan setelah berbuka puasa selama Ramadan, karena cenderung meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh. Tubuh menjadi dingin dengan membuka kelenjar keringat dan berkeringat. Menjadi terhidrasi sebelum memulai latihan semacam itu sangat penting.

4. Pilates

Pilates adalah cara yang bagus untuk menjaga kekuatan inti Anda selama Ramadan. Mirip dengan Yoga, pilates tidak akan secara signifikan meningkatkan detak jantung atau suhu inti Anda ke tingkat tinggi di mana Anda akan merasa dehidrasi. Meskipun dapat dilakukan selama jam puasa, dianjurkan untuk berlatih sesi pilates setelah berbuka puasa sebanyak mungkin dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olah raga Ramadan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top