Ilustrasi/Pexels.com
Fashion

Simak 5 Cara Memaksimalkan Ibadah selama Bulan Ramadan

Aliftya Amarilisya
Selasa, 5 April 2022 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Berpuasa di bulan Ramadan pada dasarnya tak sekadar menahan lapar dan haus, melainkan menjaga diri dari godaan hawa nafsu dengan melakukan lebih banyak ibadah.

Untuk itu, terdapat sejumlah tips yang bisa diterapkan agar Anda bisa lancar dan maksimal dalam beribadah sepanjang Ramadan ini. Dilansir dari siaran pers klikpr.co, Selasa (5/4/2022), berikut ulasannya.

Tips Memaksimalkan Ibadah selama Bulan Ramadan

1. Terapkan pola makan sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi adalah kunci agar Anda tetap berenergi selama berpuasa. Pastikan saat sahur Anda mengonsumsi makanan tinggi protein dan kaya serat agar tak mudah lapar.

Lalu, saat berbuka, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik tinggi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Jangan lupa pula untuk banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

2. Tetap aktif bergerak

Berpuasa bukan alasan untuk malas bergerak. Terlalu banyak duduk dan tidur-tiduran justru bisa mengurangi kebugaran tubuh dan berpotensi membuat obesitas.

3. Persiapkan perlengkapan ibadah

Tak perlu membeli alat ibadah baru. Namun, pastikan perlengkapan ibadah Anda selalu bersih dan wangi seperti baru, sehingga semangat beribadah pun tinggi.

4. Manfaatkan teknologi

Untuk mempermudah ibadah, manfaatkanlah teknologi. Download aplikasi baca Alquran atau aplikasi yang dapat mengingatkan Anda akan tibanya waktu salat.

5. Sisihkan dana untuk sedekah

Anda bisa menyisihkan dana setiap harinya untuk bersedekah. Jangan lupa pula alokasikan sebagian pendapatan untuk membayar zakat fitrah jelang akhir bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro