Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-Hati! 6 Kebiasaan Buruk Berikut Bisa Membuat Mata Anda Buta

Berikut 6 kebiasaan buruk yang menurut para ahli bisa membuat Anda buta
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 06 April 2022  |  11:55 WIB
Kornea mata - lasikblog.net
Kornea mata - lasikblog.net

Bisnis.com, JAKARTA — Kesehatan mata cenderung menjadi salah satu hal yang tidak terlalu kita pikirkan kecuali ada yang tidak beres.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa penting untuk menjadi proaktif tentang mempraktikkan kebiasaan baik untuk menjaga penglihatan yang sehat.

Dilansir dari Eat This Not That, ada hal-hal yang mungkin Anda lakukan setiap hari yang dapat membahayakan kesehatan mata Anda, bahkan berpotensi menyebabkan kebutaan.

Berikut 6 kebiasaan buruk yang menurut para ahli bisa membuat Anda buta, 

1. Merokok

Asap di udara mengiritasi mata secara langsung, maka dari it merokok dan/atau perokok pasif telah diduga menjadi penyebab katarak progresif dini. Meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah yang dapat menyebabkan perubahan peredaran darah yang membutakan di dalam retina atau saraf optik. Selain itu, perokok juga menderita lebih banyak penyakit mata.

2. Memiliki Diabetes yang Tidak Terkontrol

Diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun. Siapa pun dengan diabetes atau berisiko diabetes juga berisiko terkena penyakit mata terkait diabetes seperti retinopati diabetik dan edema makula, serta glaukoma dan katarak.

Jika Anda menderita diabetes, lindungi penglihatan Anda dengan menjaganya agar tetap terkontrol, makan makanan yang sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan mengunjungi dokter mata secara teratur. Deteksi dini, perawatan tepat waktu, dan perawatan lanjutan yang tepat dapat mengurangi risiko seseorang kehilangan penglihatan parah akibat penyakit mata diabetes hingga 95%.

3. Menggosok Mata Anda

Menggosok mata membuat Anda berisiko terkena keratoconus, suatu kondisi di mana kornea semakin melemah dan berubah bentuk seiring waktu. Ini menciptakan kekaburan dan distorsi dalam penglihatan Anda dan dalam kasus yang parah dapat memerlukan transplantasi kornea untuk memperbaikinya.

4. Tidak Memakai Kacamata Pelindung

Saat bekerja di halaman atau di sekitar rumah, Anda dapat menemukan proyektil tiba-tiba datang ke mata Anda. Ini bisa berjalan terlalu cepat untuk merespons dan dapat melukai mata, menyebabkan kebutaan. Selalu kenakan kacamata pelindung setiap kali ada kemungkinan sesuatu bisa terbang ke mata Anda.

5. Tidak Mengenakan Kacamata Hitam

Pikirkan kacamata hitam seperti tabir surya untuk mata. Radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan pada banyak bagian mata, termasuk menyebabkan jenis sengatan matahari di permukaan atau bahkan merusak struktur di dalam mata kita. Kerusakan UV pada lensa kristal di dalam mata kita dapat menyebabkan pembentukan katarak dini.

6. Melihat ke Matahari

Saat gerhana matahari terjadi, ada sejumlah orang yang menatap langsung peristiwa tersebut dan tidak melalui filter yang direkomendasikan. Jumlah energi yang diberikan oleh matahari, bahkan melalui kacamata hitam yang tepat, dapat menciptakan begitu banyak panas di mata sehingga dapat menyebabkan luka bakar di retina, yang dikenal sebagai retinopati surya. Luka bakar itu bisa permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata buta kebiasaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top