Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Gangguan Mata AMD, Berikut Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyakit yang mempengaruhi penglihatan sentral seseorang. AMD dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sentral yang parah, tetapi orang jarang menjadi buta karenanya.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 31 Maret 2022  |  15:30 WIB
Kornea mata - lasikblog.net
Kornea mata - lasikblog.net

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mata merupakan bagian penting untuk semua orang tetapi sayangnya seiring bertambahnya usia, kemungkinan degenerasi akan terjadi. Jenis makanan yang tepat merupakan bagian integral untuk kesehatan mata.

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyakit yang mempengaruhi penglihatan sentral seseorang. AMD dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sentral yang parah, tetapi orang jarang menjadi buta karenanya.

Faktor risiko AMD adalah menjadi lebih tua, merokok, memiliki tekanan darah tinggi dan makan makanan tinggi lemak jenuh.

Efek Diet Pada Kesehatan Mata

Diet seseorang dapat membantu menjaga penglihatan mereka tetap kuat dan mengurangi risiko mengembangkan kondisi serius yang mengancam kemampuan Anda untuk melihat seperti AMD. Sebuah penelitian menunjukkan dengan tepat jenis lemak yang harus dihindari yang dapat meningkatkan risiko Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan yang mengandung lemak dapat meningkatkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia lanjut. Lemak nabati, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, bersama dengan asam linoleat adalah jenis lemak yang menempatkan penggemar junk food pada risiko lebih tinggi untuk penyakit mata.

7 Makanan yang Harus Dihindari

Para peneliti menemukan bahwa lemak ini sangat diproses dan memiliki efek merusak pada mata. Berikut makanan yang dapat meningkatkan risiko kehilangan penglihatan dilansir dari Express UK:

1.      Margarin

2.      Cokelat

3.      Kue

4.      Biskuit

5.      Selai kacang

6.      Keripik kentang

7.      Kentang goreng.

Makanan yang Membantu Meningkatkan Penglihatan

Untungnya, ada sejumlah makanan berbeda yang dikatakan dapat membantu meningkatkan penglihatan.

1. Ikan

Karena ikan kaya akan asam lemak Omega-3, ini dapat membantu menjaga retina Anda tetap sehat dan meningkatkan penglihatan Anda. Jika Anda tidak bisa makan ikan karena diet Anda, Anda bisa mendapatkan suplemen omega-3 vegan untuk menuai manfaat asam lemak.

2. Telur

Kuning telur penuh dengan vitamin untuk menjaga penglihatan Anda tetap prima. Kuning telur yang khas mengandung nutrisi ramah mata, yaitu vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telur kesehatan mata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top