Kornea mata/lasikblog.net
Health

Cegah Gangguan Mata AMD, Berikut Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 31 Maret 2022 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mata merupakan bagian penting untuk semua orang tetapi sayangnya seiring bertambahnya usia, kemungkinan degenerasi akan terjadi. Jenis makanan yang tepat merupakan bagian integral untuk kesehatan mata.

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyakit yang mempengaruhi penglihatan sentral seseorang. AMD dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sentral yang parah, tetapi orang jarang menjadi buta karenanya.

Faktor risiko AMD adalah menjadi lebih tua, merokok, memiliki tekanan darah tinggi dan makan makanan tinggi lemak jenuh.

Efek Diet Pada Kesehatan Mata

Diet seseorang dapat membantu menjaga penglihatan mereka tetap kuat dan mengurangi risiko mengembangkan kondisi serius yang mengancam kemampuan Anda untuk melihat seperti AMD. Sebuah penelitian menunjukkan dengan tepat jenis lemak yang harus dihindari yang dapat meningkatkan risiko Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan yang mengandung lemak dapat meningkatkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia lanjut. Lemak nabati, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, bersama dengan asam linoleat adalah jenis lemak yang menempatkan penggemar junk food pada risiko lebih tinggi untuk penyakit mata.

7 Makanan yang Harus Dihindari

Para peneliti menemukan bahwa lemak ini sangat diproses dan memiliki efek merusak pada mata. Berikut makanan yang dapat meningkatkan risiko kehilangan penglihatan dilansir dari Express UK:

1.      Margarin

2.      Cokelat

3.      Kue

4.      Biskuit

5.      Selai kacang

6.      Keripik kentang

7.      Kentang goreng.

Makanan yang Membantu Meningkatkan Penglihatan

Untungnya, ada sejumlah makanan berbeda yang dikatakan dapat membantu meningkatkan penglihatan.

1. Ikan

Karena ikan kaya akan asam lemak Omega-3, ini dapat membantu menjaga retina Anda tetap sehat dan meningkatkan penglihatan Anda. Jika Anda tidak bisa makan ikan karena diet Anda, Anda bisa mendapatkan suplemen omega-3 vegan untuk menuai manfaat asam lemak.

2. Telur

Kuning telur penuh dengan vitamin untuk menjaga penglihatan Anda tetap prima. Kuning telur yang khas mengandung nutrisi ramah mata, yaitu vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro