Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Tips Agar Anak Kuat Puasa Seharian, Terapkan Yuk Bunda! 

Berikut 7 tips yang bisa Anda terapkan agar anak kuat puasa seharian.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 13 April 2022  |  19:58 WIB
7 Tips Agar Anak Kuat Puasa Seharian, Terapkan Yuk Bunda! 
Ilustrasi- Berbuka puasa di rumah. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hubungan kasih sayang antara orang tua dan anak juga dapat terjalin semakin erat di bulan Ramadan. Bukan itu saja, di bulan ini para orang tua memiliki kesempatan untuk mengajari anak-anak mereka akan keindahan bulan suci Ramadan. Salah satunya belajar menjalankan ibadah puasa

Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa sebelum mereka akil baligh, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mereka sedini mungkin untuk turut menjalankan syariat yang diturunkan kepada umat muslim di bulan Ramadan, yakni berpuasa. 

Untuk memulai menemani langkah orang tua dalam melatih sang buah hati berpuasa, berikut beberapa tips yang dapat dijadikan panduan untuk membantu membuat perjalanan puasa sang buah hati menjadi lebih menyenangkan.

7 Tips Agar Anak Kuat Puasa Seharian

1. Latih Anak Secara Perlahan dan Berkala

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk melatih anak berpuasa, salah satunya dengan mulai coba mengenalkan anak untuk menahan nafsu dan dahaganya sesuai dengan kemampuannya. Mereka dapat mulai berpuasa selama beberapa jam yang dapat ditingkatkan secara bertahap setelah mereka sudah mulai terbiasa. Anda dapat memperkenalkan si kecil dengan istilah berpuasa setengah hari. Jika anak dinilai telah memiliki kemampuan untuk melewatinya, durasi berpuasa dapat mulai ditingkatkan secara bertahap.

2. Siapkan Asupan Sahur dan Berbuka

Asupan gizi seimbang dinilai penting untuk menemani sang buah hati dalam berpuasa. Seperti yang kita ketahui, anak-anak cenderung sangat aktif dalam menjalani harinya, agar anak dapat menjalani harinya dengan bugar selama berpuasa, diperlukan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Orang tua dapat menyajikan hidangan dan makanan ringan yang seimbang dan bergizi di waktu berbuka dan sahur.

Kurangi asupan makanan asin dan manis pada waktu sahur, karena makanan asin dan manis dapat meningkatkan rasa haus dan rasa lapar anak sepanjang hari. Makanan yang tinggi serat dan protein baik untuk membuat mereka kenyang selama seharian berpuasa.

3. Berikan Dukungan dan Motivasi

Beri anak motivasi dan tetapkan tujuan untuk mereka upayakan. Setelah Anak mampu menuntaskan puasanya, tak ada salahnya lho bagi para orang tua untuk memberikan pernghargaan pada anak. Tak melulu harus mahal, orang tua bisa memberikan ekstra nugget atau suguhan es krim dan berbagai makanan favorit si kecil lainnya di akhir pekan, Hal tersebut pasti akan memacu motivasinya untuk kembali melatih diri untuk berpuasa.

4. Berikan Apresiasi pada Anak

Buat kalender warna-warni untuk menuliskan pencapaian puasa mereka dan tempel di dinding. Saat anak berhasil menyelesaikan puasa mereka, letakkan bintang emas atau stiker dan kata-kata penyemangat. Hal ini dapat memberi mereka rasa bangga atas upaya yang mereka lakukan dan akan mendorong mereka untuk melakukannya lebih sering.

5. Lakukan berbagai aktivitas bersama

Baik itu bangun untuk sahur atau membantu mengatur meja untuk berbuka puasa, libatkan anak-anak dalam proses sehari-hari selama Ramadhan. Mereka dapat membantu membagikan kurma untuk anggota keluarga yang berpuasa dan sekaligus mempelajari pentingnya berbagi. 

6. Beri Anak Pemahaman soal Puasa 

Penting bagi anak-anak untuk memahami mengapa Ramadhan memiliki arti penting bagi umat Islam dan mengapa kita semua harus melaksanakan ibadah puasa. Kita juga bisa mengajari dan membantu mereka menghafal doa berbuka puasa dan melakukan berbagai aktivitas positif lainnya untuk membawa anak mengenal lebih jauh bulan Ramadan.

7. Pimpin dengan Memberi Contoh

Tips terpenting lainnya adalah memimpin anak dengan memberi contoh. Orang tua adalah teladan terbaik bagi anak. Anak-anak akan melakukan apa yang kita lakukan, dan mereka akan berusaha untuk dapat mencapai tujuan puasa yang lebih besar layaknya yang Anda lakukan. Anak akan merasa hebat jika dirinya mampu menuntaskan puasa mereka layaknya yang ayah dan ibu lakukan.

Namun, penting bagi orang tua untuk tetap memperhatikan kemampuan anak dalam berpuasa. Melatih anak sedini mungkin untuk mengenal puasa memanglah baik, tapi orang tua juga tidak perlu terburu-buru dan terlalu menekan anak untuk berpuasa, agar sang anak memiliki impresi yang baik terhadap bulan baik nan penuh berkah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan parenting
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top