Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Manfaat Ibadah Puasa Ramadan untuk Kesehatan Tubuh

Simak 7 manfaat menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk kesehatan tubuh Anda.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 13 April 2022  |  19:15 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun, ternyata puasa tidak hanya merupakan kegiatan ibadah saja. Ada banyak manfaat yang didapat tubuh Anda saat berpuasa.

Saat melakukan puasa tubuh kita akan merasakan perubahan pola makan yang signifikan. Selain untuk kesehatan tubuh, puasa juga akan bermanfaat untuk meningkatkan pola hidup menjadi lebih baik.

Nah, simak berikut tujuh manfaat puasa saat bulan Ramadan untuk kesehatan dan pola hidup seperti dilansir Realbuzz.com pada Rabu (13/4/2022).

7 Manfaat Ibadah Puasa di Bulan Ramadan untuk Kesehatan Tubuh

1. Kebiasaan Baik Memakan Kurma

Banyak orang memakan tiga butir kurma pada saat berbuka puasa setiap hari selama bulan Ramadan karena mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Namun, ternyata dengan mengkonsumsi kurma maka akan mendapat berbagai macam manfaat kesehatan.

Mmemakan kurma akan mendapatkan serat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh dan meningkatkan pencernaan sepanjang Ramadhan. Lalu, tambahan kandungan kurma pada tingkat potasium, magnesium dan vitamin B yang tinggi menjadikannya kurma sebagai salah satu buah paling sehat.

2. Meningkatkan Kerja Otak

Saat seseorang sedang berpuasa akan mendapatkan efek positif pada kesejahteraan mental dan fokus spiritual. Ibadah puasa saat Ramadan bisa meningkatkan otak bahkan lebih signifikan daripada yang kita kira.

Melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di AS menemukan bahwa fokus mental yang dicapai selama Ramadaan meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak. Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel otak sehingga meningkatkan fungsi otak.

Demikian juga, pengurangan nyata dalam jumlah hormon kortisol, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadan.

3. Membuang Pola Hidup yang Buruk

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk membuang kebiasaan buruk Anda menjadi lebih baik. Kebiasaan buruk itu seperti mengurangi merokok atau memakan makanan manis. Saat puasa, tubuh akan secara bertahap menyesuaikan diri dengan ketidakhadiran rokok dan kecanduan makanan manis dari pola hidup.

4. Menurunkan Kolesterol

Dengan berpuasa di bulan Ramadan kemungkinan untuk turunnya berat badan akan lebih besar, tetapi ada juga sejumlah manfaat perubahan kesehatan yang terjadi di balik layar.

Sebuah tim ahli jantung di UEA menemukan bahwa orang yang menjalankan Ramadan akan menikmati efek positif pada profil lipid mereka, yang berarti ada pengurangan kolesterol dalam darah.

Manfaat kolesterol rendah juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan sangat mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.
Terlebih lagi, jika Anda mengikuti diet sehat setelah Ramadaan, kadar kolesterol yang baru diturunkan ini seharusnya mudah dipertahankan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan tips sehat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top