Ilustrasi/Innewwiew
Relationship

Cara Mendukung Pacar yang Menderita Gangguan Kecemasan

Novita Sari Simamora
Sabtu, 16 April 2022 - 18:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin sulit untuk berkencan dengan seseorang yang memiliki masalah kecemasan atau gangguan kecemasan. Namun, hal tersebut bisa ditangani dengan beberapa cara.

Kecemasan tidak harus merusak hubungan pria dan wanita. Namun, gangguan kecemasan ini juga bisa menimbulkan tegang sampai-sampai sulit untuk menikmati hubungan yang romantis.

Simak 3 cara mendukung pasangan Anda yang cemas:

1. Bicara tentang kecemasan yang dirasakan

Komunikasi terbuka memiliki potensi untuk meningkatkan hubungan yang romantis. Namun, bisa saja dia tidak mengungkapkan kecemasannya.

Anda yakin mereka tidak ingin membicarakannya, jadi Anda tidak mengatakan apa-apa. Rasa sakit menjadi sesuatu yang Anda hindari. Namun, beberapa orang senang menerima nasihat, sementara yang lain hanya ingin perasaan mereka diakui.

Berbicara biasanya memberikan manfaat untuk menanyakan tentang apa yang ingin mereka lakukan dan memberitahukan penyebab perasaan tidak nyaman.

2. Mengelola reaksi Anda

Ketika pasangan Anda mengungkapkan kekhawatiran dalam konteks hubungan Anda, Anda akan tergoda untuk menanggapinya secara pribadi dan menjadi jengkel. Wajar untuk menafsirkan kecemasan sebagai keegoisan, penolakan, atau upaya untuk menarik diri, tetapi cobalah untuk tidak melakukannya.

Jika Anda mulai kesal dengan kecemasan pasangan Anda, mundurlah selangkah dan tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda bereaksi seperti ini. Ini akan membantu Anda memahami diri sendiri dengan lebih baik dan mencegah Anda bereaksi negatif terhadap pasangan.

Anda dapat mengubah respons default yang tidak membantu ini menjadi sesuatu yang lebih berempati dengan mengasah kemampuan koping Anda.

3. Buat mereka merasa aman

Kekhawatiran terbesar orang yang cemas adalah bahwa mereka tidak dapat dicintai hanya karena mereka cemas. Beri tahu mereka dengan cara yang mudah, "Kita akan menghadapi ini bersama-sama, dan saya tidak akan pergi ke mana pun."

Pria bisa memberikan mendukung wanita. Anda juga bisa belajar cara menjaga kesehatan mental Anda sendiri dengan belajar tentang kecemasan atau mencari perawatan dari terapis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro