Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penting! Ini 4 Tips Mengelola Uang THR agar Tak Habis Sia-sia

Agar uang Tunjangan Hari Raya (THR) Anda tak ludes begitu saja, simak sejumlah tips pengelolaannya berikut ini.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 20 April 2022  |  09:34 WIB
Penting! Ini 4 Tips Mengelola Uang THR agar Tak Habis Sia-sia
Ilustrasi - Pexels.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jelang Lebaran, para pegawai yang merayakan Idulfitri umumnya akan menerima uang Tunjangan Hari Raya atau THR dari kantor tempatnya bekerja.

Persoalannya, tak sedikit orang yang pada akhirnya menghabiskan uang THR-nya begitu saja. Dalam artian, ia tak memanfaatkan uang tersebut untuk hal-hal produktif.

Jika sudah begitu, maka biasanya pun yang tersisa tinggal rasa sesal. Nah, untuk menghindari kesia-siaan tersebut, Co-Founder MiPOWER by Sequis and Registered Financial Planner Edwin Limanta pun membagikan tips sederhana agar uang THR tidak pamitan begitu saja.

1. Alokasikan untuk zakat fitrah

Edwin menyarankan agar pertama-tama alokasikan THR untuk zakat fitrah.

“Jumlah zakat fitrah tergantung pada kebijakan dan kerelaan masing-masing individu. Jika Anda bingung mematok nilainya agar THR Anda juga cukup untuk kebutuhan lebaran lainnya maka bisa alokasikan sekitar 10 persen dari THR untuk zakat, sedekah, dan berbagi berkah untuk sekitar Anda, seperti untuk orang tua, asisten rumah tangga, supir, atau office boy di kantor," ucapnya.

2. Penuhi kebutuhan utama

Selanjutnya, memanfaatkan THR untuk memenuhi kebutuhan utama. Dalam hal ini, kesimpingkan dulu segala keinginan.

“Sebelum mendapat gaji atau THR, buatlah daftar kebutuhan dengan membaginya dalam 3 kategori, yakni kebutuhan penting yang mendesak, kebutuhan penting tidak mendesak, dan kebutuhan tidak penting. Dengan cara ini, saat THR diterima maka Anda akan dapat mengalokasikannya lebih mudah,” kata Edwin.

3. Bayar sisa utang

Edwin mengatakan, “THR bisa kita manfaatkan untuk membayar kewajiban yang biasanya kita bayar dengan menggunakan gaji. Manfaatkan THR untuk membayar semua atau sebagian cicilan dari kartu kredit, pay later belanja online, cicilan kendaraan maupun pinjaman lainnya yang memiliki biaya bunga tinggi. Saat THR dimanfaatkan untuk melunasi kewajiban maka selanjutnya dana darurat dan simpanan bisa bertambah."

4. Catat pemasukan dan pengeluaran

Dengan memiliki catatan keuangan, Anda bisa menilai diri sendiri apakah sudah berhemat atau masih boros. Tak cuma itu, catatan tersebut juga membantu mengetahui kebutuhan mana yang masih belum bisa terpenuhi dan sebaliknya.

Nah, jika uang THR masih tersisa, barulah Anda bisa memanjakan diri dengan membeli baju ataupun pernak-pernik lebaran. Namun, upayakan agar anggaran tidak melebihi 10 persen dari dana yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran idulfitri thr
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top