Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet yang baik adalah menghindari gula tambahan, sebab gula bisa memicu obesitas atau kelebihan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 23 April 2022  |  09:47 WIB
Ilustrasi perempuan menjalani diet sehat agar panjang umur - Freepik
Ilustrasi perempuan menjalani diet sehat agar panjang umur - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki bentuk tubuh ideal menjadi mimpi setiap orang. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa.

Ada beberapa cara menurunkan berat badan, yang didukung oleh ilmu pengetahuan yang berdampak pada manajemen berat badan. Namun, diet tanpa akhir, tidak akan berdampak signifikan pada penurunan berat badan.

Simak cara menurunkan berat badan menurut pakar ilmiah dan tanpa menyiksa diri:

1. Mencoba Puasa Intermiten

Puasa intermiten (IF) adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek secara teratur dan mengonsumsi makanan dalam periode waktu yang lebih singkat di siang hari.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek, yang berlangsung hingga 24 minggu, menyebabkan penurunan berat badan pada individu yang kelebihan berat badan.

2. Olahraga 

Jika seseorang ingin menurunkan berat badan, mereka harus menyadari semua yang mereka makan dan minum setiap hari. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan mencatat setiap item yang mereka konsumsi, baik dalam jurnal atau pelacak makanan online, serta melakukan olahraga.

3. Makan dengan bijak

Mengonsumsi makanan dengan bijak, bisa meningkatkan kesadaran pola hidup sehat. Makanlah secara mindful, ini bisa membuat Anda lebih memperhatikan bagaimana pola konsumsi yang sehat. Praktik ini dapat memungkinkan orang untuk menikmati makanan yang mereka makan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Makan protein untuk sarapan

Protein dapat mengatur hormon nafsu makan untuk membantu orang merasa kenyang. Ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan hormon kelaparan ghrelin dan peningkatan hormon kenyang peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin.

Penelitian pada orang dewasa muda juga telah menunjukkan bahwa efek hormonal dari sarapan berprotein tinggi dapat bertahan selama beberapa jam. Pilihan yang baik untuk sarapan berprotein tinggi termasuk telur, gandum, mentega kacang dan biji, bubur quinoa, sarden, dan puding biji chia.

5. Mengurangi gula dan karbohidrat olahan

Diet yang baik adalah menghindari gula tambahan, sebab gula bisa memicu obesitas jika dikonsumsi berlebihan. Karbohidrat olahan adalah makanan olahan berat yang tidak lagi mengandung serat dan nutrisi lainnya. Ini termasuk nasi putih, roti, dan pasta.

Makanan ini cepat dicerna, dan diubah menjadi glukosa dengan cepat. Kelebihan glukosa memasuki darah dan memicu hormon insulin, yang mendorong penyimpanan lemak di jaringan adiposa. Ini berkontribusi pada penambahan berat badan.

    Halaman:
    1. 1
    2. 2

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    menu diet seimbang diet berat badan
    Editor : Novita Sari Simamora

    Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

    To top