Ilustrasi perempuan menerapkan gaya hidup sehat/Freepik
Health

Cegah Masalah Kesehatan, Ini 6 Tips Diet Sehat usai Lebaran

Aliftya Amarilisya
Selasa, 10 Mei 2022 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pakar diet sehat, Javeria Qureshi mengimbau agar masyarakat melakukan diet sehat usai berpuasa Ramadan demi menghindari masalah kesehatan.

Seperti yang diketahui, umumnya masyarakat akan "balas dendam" usai menjalani puasa Ramadan. Mereka bakal menyantap makanan apapun tanpa memperhatikan kalori dan nutrisi yang terkandung.

"Memperlakukan makanan sebagai hadiah dapat membahayakan upaya Anda untuk mengembangkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengarkan tubuh Anda dan latih kontrol parsial," kata Javeria dikutip dari Khaleej Times, Senin (9/5/2022).

Untuk itu, berikut beberapa tips dalam melakukan diet sehat guna menjaga kesehatan.

1. Tidak melewatkan sarapan

Setelah sebulan absen sarapan, tubuh perlu "me-reset" diri untuk mulai makan lagi pada pagi hari. Nah, untuk itu, Anda bisa mengonsumsi smoothie, makanan berprotein tinggi, atau buah-buahan sebagai sarapan.

2. Porsi makanan

Aspek penting dari transisi pasca-Ramadan ialah kemampuan untuk memulihkan metabolisme. Adapun caranya, yakni dengan mengatur waktu makan secara teratur dalam porsi yang tepat. Nah, di sini Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil, namun penuh nutrisi.

3. Batasi makanan manis

Makan makanan dan minum minuman manis memang menyenangkan. Namun, ada baiknya batasi konsumsi makanan manis saat diet. Ganti minuman ringan dengan air putih untuk mendorong metabolisme Anda. Lalu, ganti pula keinginan makanan manis, seperti permen dengan buah-buahan.

4. Blacklist beberapa makanan

Selain makan hidangan manis secukupnya, batasi dan bahkan hentikan menyantap gorengan, makanan cepat saji, serta makanan berminyak dan pedas. Cobalah memasak makanan sendiri yang mengandung karbohidrat dan protein seimbang.

5. Hindari kafein

Minimalisir pula pengonsumsian kafein dalam jumlah berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan sakit kepala, memperburuk mood, memicu asam lambung, menimbulkan masalah gigi, kebingungan, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Olahraga

Tak kalah penting, tetaplah aktif dengan meningkatkan metabolisme melalui aktivitas fisik. Tidak perlu yang berat, Anda bisa tetap aktif melalui olahraga ringan, seperti jogging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro