Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Memperbaiki Pola Makan Usai Lebaran, Bye Lemak!

Berikut 5 tips memperbaiki pola makan usai Lebaran seperti dilansir dari Tempo.co, Rabu (4/5/2022).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  18:20 WIB
Ilustrasi program diet - Freepik
Ilustrasi program diet - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Momentum Hari Raya Idulfitri membuat orang tak bisa menolak aneka hidangan lezat, meskipun kaya kandungan lemak dan kalori tinggi. Berikut 5 tips menjaga pola makan sehat setelah Lebaran.

Rendang, gulai daging sapi, hingga opor ayam merupakan hidangan khas yang disantap sebagian besar masyarakat Indonesia saat Lebaran.

Tak jarang orang memakannya tanpa kontrol setelah sebulan berpuasa. Setelah memanjakan diri dengan hidangan khas Lebaran, ini saatnya kembali memulai pola makan yang sehat. 

Berikut 5 tips memperbaiki pola makan usai Lebaran seperti dilansir dari Tempo.co, Rabu (4/5/2022).


1. Konsumsi Buah dan Sayur

Setelah menyantap daging dan santan, Anda sebaiknya memperbanyak makan sayur dan buah, terutama yang diproduksi musiman. Tidak hanya nikmat, sayur dan buah musiman juga meningkatkan nilai gizi.

"Produk musiman bisa kaya nutrisi dan rasa karena dipanen pada waktu puncaknya," jelas ahli diet Huma Chaudhry, dikutip dari Mind Body Green. 


2. Tambahkan Bumbu Rempah

Cara tercepat untuk meningkatkan profil rasa dari setiap hidangan adalah dengan menaburkan bumbu ke dalam makanan. Jika suka sayuran hijau, menyiapkan kebun herbal agar menambah nutrisi mikro di makanan.

"Bumbu segar dipenuhi dengan antioksidan dan merupakan cara yang bagus untuk menambahkan rasa alami pada hidangan atau minuman," kata Chaudhry.

3. Perbanyak Konsumsi Air

Tetap terhidrasi sangat penting, terutama saat cuaca mulai panas. Minum air memiliki banyak manfaat seperti mengatur suhu tubuh dan membantu tubuh kita membuang limbah.

"Bagi mereka yang merasa sulit untuk terhidrasi dengan baik, memasukkan air dengan mentimun, rempah-rempah, dan buah jeruk dapat membuatnya lebih menyenangkan," saran Chaudhry.

4. Pilih Protein Nabati

Tak harus mengikuti diet vegetarian atau vegan untuk menikmati protein nabati. Tambahkan lebih banyak hidangan kacang, tahu, dan tempe ke dalam menu harian untuk mendiversifikasi diet dan tambahan protein.

"Merayakan Senin tanpa daging atau Rabu vegetarian bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mendorong asupan protein nabati mingguan di rumah," kata Chaudhry. "Protein nabati juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan serat.” 

5. Tambah Biji-bijian

Siapkan biji-bijian, gandum utuh, oat, quinoa, dan beras merah untuk menambahkan serat dan vitamin B dalam pola makan harian. Makanan ini kaya serat dan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran lemak idulfitri pola makan

Sumber : Tempo.co

Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top