Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Memillih dan Membeli Rumah dalam Acara Pameran

Namun dalam memilih rumah juga tidak sembarang, Anda harus pintar memilih, Bagi para konsumen terutama generasi milenial yang hendak membeli rumah di pameran properti, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan :
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  20:40 WIB
Real Estate - huffingtonpost
Real Estate - huffingtonpost

Bisnis.com, JAKARTA – Membeli rumah pada acara pameran property tentu menjadi pilihan banyak calon konsumen, karena terdapat banyak rancangan rumah idaman yang ditampilkan sehingga kita dapat lebih mengetahui dengan jelas.

Namun dalam memilih rumah juga tidak sembarang, Anda harus pintar memilih, Bagi para konsumen terutama generasi milenial yang hendak membeli rumah di pameran properti, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan :

1. Lokasi

Meskipun Anda mungkin telah menentukan lokasi untuk properti  ideal Anda, banyak orang menghadiri pameran properti tanpa mengetahui ke mana mereka akan pindah. Jika Anda berada di pameran, jangan terlalu khawatir tentang mempersempit pilihan Anda sebelumnya.

Perhatikan iklim, geografi, aktivitas, dan acara di setiap lokasi. Apakah Anda tahu di mana Anda ingin tinggal atau Anda tidak tahu harus mulai dari mana, tetaplah terbuka untuk pilihan baru.

Pameranakan memberikan banyak informasi tentang tempat membeli properti , dan dapat menyebabkan banyak orang berubah pikiran sepenuhnya tentang di mana mereka ingin menetap.

Alih-alih mencoba mencari tahu lokasi tertentu sendiri, sistem yang lebih baik adalah membuat catatan tentang apa yang Anda cari, termasuk cuaca, lanskap, dan aktivitas. Kemudian, berbicaralah dengan agen yang akan dapat memberi tahu Anda.

2.  Jenis Properti

Selain lokasi, jika Anda juga ingin pergi ke pameran dengan ide bagus tentang jenis properti yang Anda cari. Dengan begitu, Anda tidak akan terpengaruh oleh sesuatu yang tampak menarik pada awalnya, tetapi sebenarnya bukan itu yang Anda cari.

Banyak properti  yang menakjubkan, tetapi Anda tidak ingin mengganti apa yang Anda butuhkan dalam jangka panjang dengan apa yang Anda inginkan saat ini.

Anda mungkin akhirnya membeli sesuatu yang berbeda dari apa yang Anda bayangkan pertama kali. Selama Anda mendapatkan hal-hal yang paling penting bagi Anda dan keluarga Anda, tidak apa-apa! Pada akhirnya, properti Anda harus sesuai dengan gaya hidup Anda, tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa berpikiran terbuka.

Untuk membuat keputusan lebih mudah, tulis tiga daftar: must-have; fitur yang ingin Anda miliki, tetapi itu tidak perlu; dan karakteristik yang pasti tidak Anda inginkan. Misalnya, proyek renovasi mungkin terdengar menyenangkan pada awalnya, tetapi jika Anda tidak punya waktu untuk mendedikasikan diri untuk pekerjaan padat karya seperti itu, Anda akan segera mengalami penyesalan pembeli.

3. Jaringan Transportasi

Verifikasi jarak perjalanan menggunakan Google  inilah yang digunakan sebagian besar agen sebagai panduan.

 Jika mengemudi di sana, periksa kembali jarak tempuh, waktu dan jarak di mobil Anda sendiri. Anda lihat untuk mendapatkan gambaran yang tepat tentang kedekatan setiap situs dengan fasilitas dan pilihan jalan raya, bus dan kereta api.

4. Finansial

Konsumen harus mengetahui kemampuan daya belinya sendiri. Unit rumah dengan harga berapa yang mampu dibeli dan berapa besaran cicilan yang disanggupi per bulannya.

Secara mudah, bank menilai kemampuan mencicil konsumen dengan perhitungan sepertiga dari penghasilan. Jadi, bila penghasilan Rp10 juta, maka kemampuan mencicil per bulannya sebesar Rp3 juta

5. Penandatanganan  Akhir

Untuk membeli properti, Anda perlu membayar deposit pemesanan dan menunjukkan dokumen dari bank Anda yang menunjukkan persetujuan pinjaman terkini, kata Lanigan. Agensinya biasanya merekomendasikan tiga hingga empat pengacara yang telah menangani rumah dengan skema tertentu karena mereka biasanya menawarkan harga yang kompetitif, dan sudah terbiasa dengan properti dan masalah yang mungkin muncul. "Ini akan mempercepat penutupan - pengembang ingin menutup dalam 28 hari, dan sebagian besar pengacara tidak akan mengambil file sampai tawaran pinjaman dibuat."

Sementara itu, Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang, mulai dari down payment (DP) 0%, free biaya-biaya lain, serta diskon hingga Rp100 Jutaan.

“Acara Flash Sale ini akan menjadi ajang mendapatkan transaksi menarik bagi calon pembeli properti yang berada di seluruh Indonesia, karena flash sale dapat disaksikan secara online maupun offline. Mereka tetap bisa memperoleh promo menarik seperti DP Nol Persen sampai free biaya-biaya lain dari pengembang,” jelas Abdi Fajrin, Senior Marketing Manager PT Adhouse Clarion Events (ACE).

Acara Flash Sale yang akan berlangsung selama dua hari, Kamis (18/5) dan Jum’at (19/5) dari pukul 11:45 - 21:00 WIB.

Diantaranya seperti pengembang PT Adhi Commuter Properti (LRT City), PT Mekar Agung Sejahtera (MAS Group), PT Dwigunatama Rintisprima (Harvest City), Subur Progress (Paradise Serpong City & Paradise Resort City), dan pengembang PP Urban (Urban Town Serpong & Urban Twn Karawang).

Flash sale juga melibatkan pengembang Waskita Realty (Vasaka Solterra, Vasaka Nines, Vasaka Bali), PT Graha Perdana Indah (Candi Garden Sawangan), PT Setiawan Dwi Tunggal (The Parc), PT Multiguna Cipta Mandiri (Casa De Ramos), PT. Semesta Membangun Indonesia (Pesona Remboelan), PT Borneo Daya (Gardenia Cileungsi). Selain itu juga ada pengembang Waskita Realty (Vasaka Solterra, Vasaka Nines, Vasaka Bali), PT Graha Perdana Indah (Candi Garden Sawangan), PT Setiawan Dwi Tunggal (The Parc), PT Multiguna Cipta Mandiri (Casa De Ramos), PT. Semesta Membangun Indonesia (Pesona Remboelan), serta PT Borneo Daya (Gardenia Cileungsi).

Pameran IPEX merupakan hasil kerjasama dengan Bank BTN didukung Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan DPD REI DKI Jakarta.

Pada pagelaran ini, BTN menawarkan suku bunga 2,22%, melalui program Property for Millennials dalam pameran Indonesia Properti Expo 2022, tanggal 15 – 22 Mei 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Tak hanya itu, promo yang ditawarkan termasuk jangka waktu cicilan KPR hingga 30 tahun dan potongan biaya-biaya seperti provisi, administrasi dan diskon asuransi.

Tahun ini, pameran Indonesia Properti Expo menargetkan mayoritas konsumen dari kaum millennial dan first-home buyers.

Pada penyelenggaraan di tahun ke-39 ini, Pameran Indonesia Properti Expo menghadirkan lebih dari 225 proyek properti dengan harga properti mulai dari harga Rp.168 Juta.

Vice President PT. Adhouse Clarion Events selaku penyelenggara Pameran, Gad Permata, optimis menjadi momen yang tepat untuk generasi muda mewujudkan mimpi punya rumah sendiri. "Tahun ini merupakan momen yang paling tepat bagi generasi milenial khususnya yang ingin mewujudkan hunian impian," katanya.

Mohamad Eka Mulya Akbar Marketing Director Pesona Remboelan Corp mengatakan acara Flash Sale dinilai akan sangat membantu bagi pencari hunian yang belum sempat berkunjung di pameran properti.

Di sisi lain, Direktur PT Triyasa Propertindo Andrie Gotama memaparkan, sejumlah lembaga internasional di antaranya International Monetary Fund (IMF) meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 akan mencapai 5,9%, lebih tinggi dibanding 2021 lalu yang sebesar 3,2%. Standard & Poor juga memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 diperkirakan mencapai 5,6%, lebih tinggi dari 2021 yang sebesar 3,4%.

Karena itu Andrie meyakini penjualan perusahaannya di tahun 2022 akan melesat. Keyakinan itu memastikan pihaknya untuk mengikuti Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 yang akan digelar pada 15-22 Mei 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan dengan Triyasa menempati Booth Nomor 41.

“Akibat pandemi, IPEX 2022 tertunda hingga 2 tahun. Sekarang kondisi sudah lebih baik dari sisi penurunan penyebaran COVID-19 serta peningkatan iklim ekonomi Indonesia. Karena itu kami yakin untuk memasarkan project unggulan kami Samira Residence Sentul dan Samira Regency Bekasi di IPEX 2022,” jelas Andrie.

Sejumlah jurus andalan telah disiapkan Triyasa, yang memasarkan dua project utama, Samira Regency, Bekasi dengan harga mulai dari Rp600 jutaan dan Samira Residence, Sentul dengan harga mulai dari Rp 1,6 miliar.

“Promo yang digelar untuk Samira Residence mencakup tanpa (DP), Free Biaya – Biaya, Cicilan KPR dibayarkan selama 6 bulan serta free kanopi dan pemasangan AC di setiap ruang,” ujar Andrie.

Tidak hanya itu, cukup dengan membayar Rp5 juta saja maka pengunjung bisa langsung mendapatkan hunian yang berkualitas di Samira Residence Sentul dan Samira Regency Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top