Ibu hamil/Antara
Health

Manfaat Hypnobirthing untuk Ibu Hamil dan Bayi

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hypnobirthing merupakan metode atau teknik yang salah satu tujuannya untuk dapat memprogram ulang pikiran dari memori yang kurang baik, terutama yang berhubungan dengan persalinan, dengan memasukkan afirmasi positif mengenai persalinan.

Hypnobirthing juga menjadi salah satu cara untuk mengelola stress saat kehamilan.

Menurut studi Ibu hamil yang stress dapat meningkatkan resiko bayi mengalami beragam masalah kesehatan seperti alergi, kolik, diabetes, autis dan kelahiran prematur, dan stress berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan emosi dan psikologi bayi di masa depan.

Sehingga dengan ibu dibekali mengelola stress saat kehamilan dapat membantu “Generasi yang hadir cerdas dan sehat secara lahir dan bathin, jasmani dan ruhaniah” 

Teknik hypnobirthing dapat dilakukan oleh calon ibu sejak di awal kehamilan, lebih awal lebih baik dan harus dipraktekkan secara berulang atau repetisi, minimal 3-4 kali dalam seminggu. 

Teknik hypnobirthing tidak hanya terbatas dilakukan oleh calon ibu, tapi calon ayah juga dapat berpartisipasi untuk mempraktekannya. Karena bisa saja calon ayah juga memiliki ketakutan yang sama, sehingga mindsetnya juga perlu dikelola. 

Calon orang tua dapat memulai teknik hypnobirthing dengan mensugesti atau afirmasi positif setiap harinya terhadap diri sendiri, seperti contohnya: 

  1. Kehamilan: janin, plasenta, air ketuban, selaput ketuban, tali pusar sehat secara lahir dan batik hingga persalinan 
  2. Persalinan: persalinan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, dikuatkan, diikhlaskan, proses yang bahagia
  3. Menyusui: asiku lancar, cukup memenuhi kebutuhan nutrisi lahir dan batik bayiku

Adapun cara melakukan komunikasi dengan janin yang dapat dilakukan saat relaksasi hypnobirthing guna mengurangi stres dan afirmasi positif terhadap diri serta bayi: 

  1. Lakukan komunikasi setiap kali beraktivitas sehari-hari
  2. Sesekali minta pendapatnya akan suatu hal 
  3. Ajak berkomunikasi tentang apapun yang ibu rasakan 
  4. Sapa janin apabila bergerak atau menendang 

Hypnobirthing memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu, bayi dan ayah selama proses kehamilan hingga persalinan usai, diantaranya seperti meningkatkan ketenangan diri untuk sel-sel kesehatan ibu dan janin, mengurangi mual, muntah dan pusing, mengatasi kecemasan dan ketakutan selama hamil dan persalinan, mengurangi resiko terjadinya komplikasi persalinan hingga mengurangi resiko baby blues nantinya.

Oleh karenanya, kami dari Tentang Anak ingin memastikan calon orang tua dan bayi yang akan lahir dapat sehat dan bahagia dengan terus memberikan pendampingan melalui berbagai aktivitas edukasi di aplikasi, sosial media dan support group”, papar Jamilatus Sadiyah (bidan, hypnobirthing practitioner, sekaligus founder @bumilpamil.id dan expert Tentang Anak. 

Sementara itu, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, dokter spesialis anak yang juga founder dari Tentang Anak mengatakan dengan mempersiapkan proses persalinan dengan baik dan bisa mengolah rasa stress saat hamil, bisa mendapatkan pengalaman yang positif saat melahirkan.

"Sehingga diharapkan calon orang tua dapat lebih percaya diri dan bahagia dalam melewati perjalanan kehamilan, persalinan, hingga pengasuhan anak karena terus didampingi oleh Tentang Anak di setiap waktu.”  ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro