Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Penjelasannya

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh memakan seafood termasuk kerang. Namun, bagaimanakah faktanya? Simak ulasannya berikut ini.
Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Astrid Prihatini Wisnu Dewi - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  17:32 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Penjelasannya
Kerang - Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Sejumlah perempuan hamil mungkin pernah mengidam makanan laut atau seafood, seperti kerang. Namun, mereka rela untuk tidak memenuhi keinginan tersebut karena takut membahayakan kesehatan janin.

Dalam hal ini, sebagian orang meyakini ibu hamil tidak boleh makan kerang. Namun, apakah benar demikian bahwa kerang tak boleh dikonsumsi oleh mereka yang tengah berbadan dua?

Terkait hal tersebut, pada dasarnya, makan kerang untuk ibu hamil aman-aman saja apabila dalam jumlah yang wajar, yakni 8-12 ons atau 2-3 per porsi setiap minggunya menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Lagipula, seafood, termasuk ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, dan kerang, merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang mana sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, khususnya otak dan mata.

Namun, jika ingin mengonsumsi makanan ini, pastikan pengolahannya benar. Masaklah sampai matang sempurna pada suhu internal 63 derajat Celsius dan buang kerang yang cangkangnya tidak terbuka saat dimasak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko keracunan makanan.

Kerang yang tidak diolah dengan matang atau mentah dapat meningkatkan risiko keracunan makanan, kolera, dan infeksi penyakit lainnya karena mengandung bakteri Vibrio.

Infeksi penyakit tersebut dapat menyebabkan tubuh ibu hamil kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika kondisi ini cukup parah dialami oleh pada ibu hamil, maka dapat berakibat fatal.

Selain itu, beberapa jenis kerang juga mungkin mengandung kadar merkuri yang tinggi. Bahaya terlalu banyak merkuri dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Kerang, Mitos atau Fakta?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan ibu hamil kerang

Sumber : JIBI/Solopos.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top