Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik
Health

Ciri-ciri Kamu Kekurangan Dopamin, Salah Satunya Sering Mood Buruk

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Juni 2022 - 08:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Suasana hati kita dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan yang paling signifikan adalah neurotransmiter di dalam otak Anda.

Neurotransmitter dibentuk dari hormon dopamin dan serotonin yang mendukung sejumlah fungsi termasuk memori, suasana hati, dan bahkan kemampuan Anda untuk memperhatikan. Itulah mengapa menjaga kadar keseimbangan kedua hormon itu sangat penting.

Mempertahankan kadar dopamin yang memadai di dalam otak sangat penting untuk mendukung suasana hati Anda, mempertahankan motivasi, dan membuat Anda tetap fokus. Meskipun Anda mungkin sedang mengalami hari libur, mencatat pola dari waktu ke waktu dapat membantu Anda menentukan apakah Anda kekurangan dopamin sehingga Anda dapat proaktif dalam meningkatkan kesehatan mental Anda.

Melalui kombinasi diet sehat dan olahraga serta suplemen, Anda dapat meningkatkan kesehatan otak Anda dan menjaga suasana hati tetap baik.

Berikut Tanda-tanda Anda memiliki dopamin rendah.

Tanda-tanda kadar dopamin rendah bukanlah munculnya kekhawatiran atau kecemasan, karena, itu umumnya merupakan indikator serotonin rendah. Sebaliknya, tanda utama yang harus diwaspadai jika Anda merasa memiliki kadar dopamin rendah adalah:

  1. Kelelahan
  2. Kesedihan
  3. Kurang motivasi
  4. Kabut otak
  5. Energi rendah
  6. Kesulitan berpikir

Cara alami untuk meningkatkan kadar dopamin.

Untungnya ada strategi untuk mengatasi tingkat rendah dopamin secara alami di rumah, dan mungkin tidak mengherankan bahwa menjaga rutinitas yang sehat dan seimbang adalah salah satu cara terbaik untuk mengatur neurotransmitter ini, menurut Amin:

1. Pola makan

Seperti biasa, diet adalah kunci untuk mendukung kesehatan mental dan fisik Anda.

2. Asupan nutrisi

Makanan yang kaya tirosin akan menjadi pilihan terbaik Anda untuk meningkatkan produksi dopamin. "Tirosin adalah blok pembangun asam amino untuk dopamin. Hal-hal seperti ayam dan telur sarat dengan tirosin," jelasnya.

Makanan lain yang mengandung tirosin adalah alpukat dan cokelat hitam. "Jika Anda makan protein yang lebih tinggi, diet rendah karbohidrat sederhana, Anda akan memiliki lebih banyak tirosin dan dopamin yang tersedia di otak."

2. Olahraga

Olahraga juga efektif untuk meningkatkan suasana hati Anda, juga meningkatkan kadar dopamin.

Gaya olahraga interval intensitas tinggi saat mencari efek peningkatan suasana hati khusus ini, seperti berjalan cepat, melompat dan berlari atau berjalan secepat mungkin selama satu menit untuk membantu meningkatkan dopamin.

3. Suplemen

Suplemen tertentu seperti L-tirosin, adalah bahan pembangun asam amino. L-theanine, curcumin, dan asam lemak omega-3 EPA juga merupakan pilihan bagus untuk meningkatkan produksi dopamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro