Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciri-ciri Kamu Kekurangan Dopamin, Salah Satunya Sering Mood Buruk

Mempertahankan kadar dopamin yang memadai di dalam otak sangat penting untuk mendukung suasana hati Anda, mempertahankan motivasi, dan membuat Anda tetap fokus.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Juni 2022  |  08:32 WIB
Ciri-ciri Kamu Kekurangan Dopamin, Salah Satunya Sering Mood Buruk
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Suasana hati kita dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan yang paling signifikan adalah neurotransmiter di dalam otak Anda.

Neurotransmitter dibentuk dari hormon dopamin dan serotonin yang mendukung sejumlah fungsi termasuk memori, suasana hati, dan bahkan kemampuan Anda untuk memperhatikan. Itulah mengapa menjaga kadar keseimbangan kedua hormon itu sangat penting.

Mempertahankan kadar dopamin yang memadai di dalam otak sangat penting untuk mendukung suasana hati Anda, mempertahankan motivasi, dan membuat Anda tetap fokus. Meskipun Anda mungkin sedang mengalami hari libur, mencatat pola dari waktu ke waktu dapat membantu Anda menentukan apakah Anda kekurangan dopamin sehingga Anda dapat proaktif dalam meningkatkan kesehatan mental Anda.

Melalui kombinasi diet sehat dan olahraga serta suplemen, Anda dapat meningkatkan kesehatan otak Anda dan menjaga suasana hati tetap baik.

Berikut Tanda-tanda Anda memiliki dopamin rendah.

Tanda-tanda kadar dopamin rendah bukanlah munculnya kekhawatiran atau kecemasan, karena, itu umumnya merupakan indikator serotonin rendah. Sebaliknya, tanda utama yang harus diwaspadai jika Anda merasa memiliki kadar dopamin rendah adalah:

  1. Kelelahan
  2. Kesedihan
  3. Kurang motivasi
  4. Kabut otak
  5. Energi rendah
  6. Kesulitan berpikir

Cara alami untuk meningkatkan kadar dopamin.

Untungnya ada strategi untuk mengatasi tingkat rendah dopamin secara alami di rumah, dan mungkin tidak mengherankan bahwa menjaga rutinitas yang sehat dan seimbang adalah salah satu cara terbaik untuk mengatur neurotransmitter ini, menurut Amin:

1. Pola makan

Seperti biasa, diet adalah kunci untuk mendukung kesehatan mental dan fisik Anda.

2. Asupan nutrisi

Makanan yang kaya tirosin akan menjadi pilihan terbaik Anda untuk meningkatkan produksi dopamin. "Tirosin adalah blok pembangun asam amino untuk dopamin. Hal-hal seperti ayam dan telur sarat dengan tirosin," jelasnya.

Makanan lain yang mengandung tirosin adalah alpukat dan cokelat hitam. "Jika Anda makan protein yang lebih tinggi, diet rendah karbohidrat sederhana, Anda akan memiliki lebih banyak tirosin dan dopamin yang tersedia di otak."

2. Olahraga

Olahraga juga efektif untuk meningkatkan suasana hati Anda, juga meningkatkan kadar dopamin.

Gaya olahraga interval intensitas tinggi saat mencari efek peningkatan suasana hati khusus ini, seperti berjalan cepat, melompat dan berlari atau berjalan secepat mungkin selama satu menit untuk membantu meningkatkan dopamin.

3. Suplemen

Suplemen tertentu seperti L-tirosin, adalah bahan pembangun asam amino. L-theanine, curcumin, dan asam lemak omega-3 EPA juga merupakan pilihan bagus untuk meningkatkan produksi dopamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan tips bahagia hormon
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top