Foto: dok. Ace Hardware
Fashion

4 Cara Bikin Air Cooler Jadi Lebih Dingin

Media Digital
Senin, 20 Juni 2022 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air cooler merupakan penyejuk ruangan pengganti AC yang banyak digemari orang. Soalnya, alat satu ini dapat memberikan udara dingin seperti AC, tetapi dijual dengan harga terjangkau dan perawatan yang lebih mudah.

Meski begitu, efektivitas air cooler juga dapat berkurang sehingga bisa menyebabkan udara jadi kurang sejuk. Nah, untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, seperti berikut.

1. Bersihkan Air Cooler Secara Rutin

Pastikan kamu membersihkan air cooler secara rutin. Pertama, kamu bisa melepas cooling pads terlebih dahulu dan menyeka bagian yang berdebu. Soalnya, debu dan kotoran yang menempel menjadi salah satu penyebab air cooler tidak bekerja secara efektif.

Setelah itu, kuras air yang ada di dalam tangki air cooler. Kemudian, cuci tangki air cooler dengan sabun dan bilas hingga bersih.

2. Tempatkan Air Cooler di Ruang dengan Ventilasi yang Baik

Air cooler bekerja dengan cara menyedot udara dari luar dan menghembuskannya kembali dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, banyaknya aliran udara segar yang masuk akan membuat air cooler bekerja dengan lebih efektif. Selain itu, ventilasi juga dapat membantu mengurangi tingkat kelembaban di dalam ruangan, lho.

3. Masukkan Ice Pack ke dalam Air Cooler

Ice pack merupakan produk mirip es batu dengan suhu dingin, yang mampu bertahan hingga berjam-jam dan dipakai secara berulang. Untuk menggunakannya, ice pack harus dibekukan di dalam freezer terlebih dahulu.

Setelah beku, kamu bisa memasukkan ice pack ke dalam tangki air cooler. Jadi, saat kamu menyalakan air cooler, udara pun jadi lebih sejuk.

4. Perhatikan Jumlah Air dalam Air Cooler

Jika dinyalakan terus-menerus, tentu air di dalam tangki air cooler akan habis. Inilah yang membuat alat satu ini jadi kurang sejuk. Selain menurunkan efektivitas, menyalakan air cooler tanpa adanya air juga akan membuatnya cepat rusak.

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan  air di dalam tangki alat tersebut dan segera mengisinya ketika sudah kosong.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa bikin air cooler jadi lebih dingin. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan alat rumah tangga satu ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya secara praktis hanya melalui ACE Online.

Situs belanja satu ini juga menawarkan peralatan rumah tangga lengkap, mulai dari sofa, alat perkakas, hingga tangga lipat. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan promo menarik dari ACE Online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami