Stunting/istimewa
Health

6 Pesan Penting Pencegahan Stunting di Indonesia

Intan Riskina Ichsan
Senin, 25 Juli 2022 - 17:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stunting bukan hanya berdampak pada tinggi badan melainkan pada tingkat kecerdasan dan daya saing. Dalam upaya untuk meningkatan pemahaman dan edukasi mengenai pencegahan stunting kepada masyarakat, maka dirasa perlu adanya Iklan Layanan Masyarakat (ILM).

Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, Indonesia merupakan salah satu negara dengan beban stunting yang tinggi yakni 24,4%. Kondisi ini menjadi suatu tantangan dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dimana ditargetkan penurunan stunting hingga 14% pada 2024.

ILM mendukung Kampanye Nasional Cegah Stunting dengan penyebarluasan informasi kepada masyarakat dengan harapan dapat membangun pemahaman mengenai stunting.

Adapun 6 pesan penting yang terdapat dalam ILM tersebut adalah:

1. Minum tablet tambah darah setiap hari

2. Ikuti kelas ibu hamil agar janin sehat

3. Cukup ASI saja sampai 6 bulan

4. Cuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir

5. Pakai jamban sehat

6. Rutin ke posyandu setiap bulan

Head of One Health & Scientific Danone Indonesia, Dr. Sarah Angelique MS, menjelaskan mengenai pesan-pesan berikut yang divisualisasikan secara sederhana agar orang awam mudah mengerti dan tidak bingung.

“Divisualisasikan secara sederhana agar orang awam tidak bingung, kemudian hubungan cuci tangan dan jamban sehat dengan stunting adalah pada sanitasi. Kebersihan akan sangat erat dengan angka kejadian infeksi. Jika tidak dalam kondisi yang bersih maka meningkatkan angka infeksi baik itu kepada bayi, anak, ibu hamil,” jelasnya melalui Media Gathering pada Senin (25/07/2022).

Sarah melanjutkan, banyak hal penting untuk mengupayakan pencegahan penting. Namun, yang menjadi kunci utama adalah pada pemenuhan gi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro