Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 10 Makanan Tinggi Protein, Penting untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah 10 makanan lezat yang tinggi protein dan penting dibutuhkan tubuh Anda, dilansir dari Healthline:
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  12:43 WIB
Daftar 10 Makanan Tinggi Protein, Penting untuk Kesehatan Anda
Telur - News.com.au
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Protein adalah kategori besar molekul yang memberi struktur dan dukungan pada sel Anda. Memenuhi kebutuhan protein Anda bisa menjadi mudah jika Anda memasukkan banyak makanan kaya protein ke dalam makanan Anda

Protein diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh, gerakan, reaksi kimia, sintesis hormon, dan banyak lagi. Terdiri dari blok bangunan kecil yang disebut asam amino. Sembilan di antaranya dianggap penting, artinya tubuh Anda membutuhkannya tetapi tidak dapat membuatnya sendiri, jadi Anda perlu memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Berikut adalah 10 makanan lezat yang tinggi protein dan penting dibutuhkan tubuh Anda, dilansir dari Healthline:

1. Telur

Telur utuh merupakan sumber protein yang baik dan mudah diserap. Telur juga merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang sangat baik. Telur kaya akan kolin, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan dan menyusui karena memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan.

2. Almond

Almond adalah kacang pohon bergizi yang kaya akan nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Almond juga tinggi protein nabati dan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara, termasuk dengan menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol LDL (jahat) tinggi dan tekanan darah tinggi.

3. Dada ayam

Selain protein, ayam mengandung berbagai vitamin B, ditambah mineral seperti seng dan selenium. Dada ayam juga sangat serbaguna dan mudah dimasak.  Coba tambahkan irisan dada ayam ke salad, tumis, dan sup untuk membuat hidangan ini lebih mengenyangkan

4. Susu

Susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik dan kaya akan vitamin serta mineral, seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Banyak orang dengan intoleransi laktosa tidak dapat mentolerir susu dan produk susu lainnya, untungnya, ada berbagai produk bebas laktosa sekarang di pasaran, termasuk susu bebas laktosa, keju, dan yogurt.

5. Lentil

Lentil adalah salah satu sumber protein nabati terkaya yang dapat Anda makan, merupakan pilihan yang sangat baik jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan. Lentil juga sarat dengan nutrisi lain, termasuk serat, folat, magnesium, kalium, besi, tembaga, dan mangan.

6. Ikan

Ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung sejumlah vitamin serta mineral penting, seperti yodium, selenium, dan vitamin B12. Ikan berlemak seperti salmon dan herring kaya akan lemak omega-3, yang memiliki manfaat kuat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk mendukung kesehatan jantung.

7. Biji Labu

Biji labu bergizi tinggi dan merupakan sumber mineral yang hebat seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan seng. Biji labu sarat dengan protein dan serat nabati. Coba tambahkan biji labu ke salad, makanan yang dipanggang, oatmeal, yogurt, atau campur dengan buah kering dan almond tanpa pemanis untuk camilan

8.  Dada Kalkun

Dada kalkun mirip dengan dada ayam dalam banyak hal. Sebagian besar terdiri dari protein, dengan sedikit lemak dan jumlah kalori yang rendah. Tinggi dalam sejumlah vitamin dan mineral, termasuk selenium, seng, dan vitamin B12 dan B6. Dada kalkun pas untuk salad dan sandwich, atau Anda juga bisa menambahkannya ke sup.

9. Kerang

Kerang, udang dan tiram adalah sumber protein yang sangat baik. Kerang mengandung lemak sehat dan sejumlah vitamin serta mineral, termasuk selenium, seng, vitamin B12, dan zat besi. Semua jenis kerang mengandung protein tinggi dan Anda dapat menikmatinya dalam salad, pasta, dan sajian tumis.

10.  Kacang Tanah dan Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang dikemas dengan nutrisi, seperti protein, folat, magnesium, dan vitamin E. Makan kacang dan selai kacang dapat membantu membuat Anda merasa kenyang karena kandungan proteinnya yang tinggi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa menambahkan selai kacang ke makanan tinggi karbohidrat dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

protein makanan sehat ayam telur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top