Ilustrasi jerawat
Fashion

Tips Aman Eksfoliasi untuk Kulit Berjerawat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Agustus 2022 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang sulit menghilangkan jerawat meskipun sudah rutin melakukan perawatan wajah dan memakai skin care?

Malah, muncul juga bruntusan, kusam, pori-pori besar, dan muncul garis-garis halus.

CEO NACIFIC Kim Hyun Min menjelaskan bahwa ciri-ciri tersebut akibat sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Jadi, ketika kandungan skincare tidak mendukung proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel mati kulit di permukaan kulit, maka kulit menjadi kebal.

Dia mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan eksfoliasi untuk mengganti sel kulit mati tersebut. 
 
Menurutnya, proses eksfoliasi sangat penting untuk merawat tekstur dan skin barrier, tapi after care setelah exfoliate juga sangat penting karena kulit dapat menjadi lebih sensitif.

Selain itu, setelah proses eksfoliasi, Anda juga harus menenangkan dan melembapkan kulit dan untuk spot-spot pada wajah mesti diberikan produk intensive care.

Apabila tipe kulit wajah kalian berminyak, dianjurkan untuk menggunakan produk eksfoliasi 3-5 kali seminggu, namun apabila kulit kalian cenderung sensitif maksimal cukup pakai 1-2 kali seminggu saja. 

"Bahan yang cocok untuk aksfoliasi yakni yang mengandung Salicylic Acid, seperti yang kami kembangkan dalam produk Nacific Origin ed Salicylic Acid," ,” ungkap Kim dalam keterangan tertulisnya.

Asam salisilat merupakan asam yang bersifat iritan lokal, yang dapat digunakan secara topikal. Terdapat berbagai turunan yang digunakan sebagai obat luar, yang terbagi atas 2 kelas, ester dari asam salisilat dan ester salisilat dari asam organik. Di samping itu digunakan pula garam salisilat.

Berikut manfaat dari Salicylic acid untuk kesehatan dan kecantikan wajah Anda

1. Membersihkan Minyak Berlebih dari Pori-pori

Jika Anda berjuang dengan kulit berminyak, asam salisilat adalah bahan utama untuk membersihkan minyak berlebih hari ini dan mengurangi kadar minyak. Asam salisilat larut dalam minyak yang berarti mengelupas lapisan pori-pori Anda dan mengurangi penumpukan minyak.

2. Mencegah Jerawat di Masa Depan

Asam salisilat adalah komedolitik yang berarti mencegah pembentukan komedo putih dan komedo hitam di masa depan.

3. Melemahkan Bakteri Jerawat

Bakteri jerawat tidak menyukai oksigen (alasan mengapa ia tumbuh subur di bawah pori-pori yang tersumbat di mana tidak ada udara segar yang berhembus).

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Asam salisilat adalah agen pengelupasan yang mengelupas sel kulit mati dan mempercepat pembaruan sel kulit. Asam salisilat adalah desmolitik yang berarti melonggarkan ikatan antara corneocytes (sel-sel yang membentuk lapisan terluar kulit).

5. Menenangkan Peradangan

Asam salisilat secara alami ditemukan di kulit pohon willow dan mengandung bahan kimia yang disebut salisin. Terkait dengan aspirin, salisin memiliki sifat anti-inflamasi yang menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro