Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Cegah Wajah dari Jerawat

Selama pandemi Covid-19 banyak keluhan pada kulit wajah seperti timbul jerawat di area tertutup masker, serta kulit yang menjadi lebih kering.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  15:49 WIB
Tips Cegah Wajah dari Jerawat
Ilustrasi jerawat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Seringnya menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 terkadang menimbulkan dampak kurang sehat bagi kulit wajah, seperti timbulnya jerawat. Apalagi, jika malas mengganti masker secara berkala maka berisiko menimbulkan masalah kulit yang mengganggu.

Michael Lawanto, dokter dari klinik kecantikan dr. MF Beautycare menuturkan selama pandemi Covid-19 banyak keluhan pada kulit wajah seperti timbul jerawat di area tertutup masker, serta kulit yang menjadi lebih kering.

“Jerawat dan kulit kering tersebut bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti pemakaian masker, jarang terkena matahari dan jarang berkeringat, sehingga kulit jadi kering dan kusam,” tuturnya.

Untuk mencegah masalah tersebut, maka ada beberapa tip perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan secara mandiri dari rumah.
Pertama, memperbanyak minum air putih. Agar wajah tetap bersih dan sehat serta mencegah timbulnya jerawat sebenrnya cukup mudah. Diantaranya, minum air putih yang cukup karena, kebiasaan banyak orang malas minum air putih jika tidak capek setelah beraktivitas.

“Padahal, apabila kita kurang minum air putih kulit bisa mengakibatkan kulit kering. Dan, bila kulit terlalu kering bisa menimbulkan iritasi dan jerawat,” terangnya.
Kedua, sering mencuci muka agar kebersihan terjaga meskipun tidak terkena debu. Menurutnya, cuci muka ini kerap dilupakan karena menganggap hanya di rumah merasa tidak kotor, dan tidak bertemu orang lain.
 
Ketiga, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Meskipun tidak keluar rumah, kita juga dianjurkan tetap mendapat vitamin D dari sinar matahari. Nah, kebanyakan orang yang berjemur di luar atau ke luar rumah sebentar saja lupa tidak menggunakan sunblock padahal itu penting untuk menjaga kulit wajah agar tidak kusam.
Keempat, berolahraga secara teratur. Sebab, ketika keringat keluar dari kulit maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kulit menjadi jauh lebih sehat. Selain itu, dengan berolahraga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga membawa dampak positif pada kulit.

Kelima, istirahat cukup. Sebab, jika kalian kurang tidur akibat kebanyakan menonton televisi dan internetan akan membuat kulit menjadi tidak sehat.
Keenam, mengganti masker. Dr. Michael Lawanto yang lulusan S1 pendidikan dokter umum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini juga menyampaikan, setiap habis makan sebaiknya kalian juga perlu mengganti masker.

Sebab, biasanya seusai makan seseorang hanya membersihkan dengan tisu yang menyebabkan kuman-kuman menempel di permukaan kulit, sehingga timbulah jerawat di area dagu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecantikan jerawat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top