Ilustrasi batu ginjal/Medicine.net
Health

Kenali Gejala Gagal Ginjal Kronis dan Penyebabnya

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 3 Agustus 2022 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA —Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang penting untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Semua proses dalam tubuh akan dibuang melalui hati dan ginjal, pembuangan dari ginjal disalurkan melalui urin sedangkan pembuangan dari hati itu melalui anus.

Fungsi ginjal selain memproduksi urin adalah sebagai keseimbangan cairan, misal saat suhu udara dingin maka tubuh akan lebih sering buang air kecil, tapi kalau suhu udara panas tubuh akan merasa kekurangan cairan.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr. Zulkhair Ali mengatakan kalau ginjal tidak berfungsi maka akan terjadi gagal ginjal. Ia menyebut penyakit ginjal yang umum dialami adalah batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, ginjal karena diabetes, ginjal karena hipertensi, ginjal karena lupus, dan ginjal karena polikistik.

Penyakit-penyakit tersebut dapat menurunkan fungsi ginjal. Fungsi ginjal dapat dibagi dua, umumnya yaitu gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik. Kemudian pada penyakit ginjal kronik ada fase yang dinamakan akut on kronik

Gagal ginjal kronis adalah kondisi hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal Anda menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah yang dikeluarkan melalui urin.

Namun gagal ginjal kronis dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh Anda.

Gejala Gagal Ginjal Kronis

Tanda dan gejala penyakit ginjal kronis berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat. Dikutip dari Mayo Clinic, hilangnya fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan cairan atau limbah tubuh dan masalah elektrolit. Tergantung pada seberapa parahnya, hilangnya fungsi ginjal memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Kehilangan selera makan
  4. Kelelahan dan kelemahan
  5. Masalah tidur
  6. Buang air kecil lebih atau kurang
  7. Ketajaman mental menurun
  8. Kram otot
  9. Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  10. Kulit kering dan gatal
  11. Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang sulit dikendalikan
  12. Sesak napas, jika cairan menumpuk di paru-paru
  13. Nyeri dada, jika cairan menumpuk di sekitar lapisan jantung

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis terjadi ketika suatu penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun. Penyakit dan kondisi yang menyebabkan gagal ginjal kronis antara lain:

  1. Diabetes tipe 1 atau tipe 2
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Glomerulonefritis, peradangan pada unit penyaringan ginjal (glomeruli)
  4. Nefritis interstisial, peradangan pada tubulus ginjal dan struktur di sekitarnya
  5. Penyakit ginjal polikistik atau penyakit ginjal bawaan lainnya
  6. Obstruksi saluran kemih yang berkepanjangan, dari kondisi pembesaran prostat, batu ginjal dan beberapa jenis kanker
  7. Refluks vesicoureteral, suatu kondisi yang menyebabkan urin kembali ke ginjal Anda
  8. Infeksi ginjal berulang, juga disebut pielonefritis

Pencegahan Gagal Ginjal Kronis

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit ginjal:

1. Ikuti petunjuk tentang obat-obatan yang dijual bebas. Saat menggunakan pereda nyeri tanpa resep, seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) dan acetaminophen (Tylenol, lainnya), ikuti petunjuk pada kemasannya. Mengonsumsi terlalu banyak penghilang rasa sakit untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Pertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, pertahankan dengan aktif secara fisik hampir setiap hari.

3. Jangan merokok. Merokok dapat merusak ginjal Anda dan memperburuk kerusakan ginjal yang ada. Jika Anda seorang perokok, bicarakan dengan dokter Anda cara untuk berhenti.

4. Kelola kondisi medis Anda dengan bantuan dokter Anda. Jika Anda memiliki penyakit atau kondisi yang meningkatkan risiko penyakit ginjal, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengendalikannya. Tanyakan kepada dokter Anda tentang tes untuk mencari tanda-tanda kerusakan ginjal.

Pengobatan Gagal Ginjal Kronis

Tergantung pada penyebabnya, beberapa jenis penyakit ginjal dapat diobati. Namun, seringkali gagal ginjal kronis tidak dapat disembuhkan. Pilihan pengobatan bervariasi tergantung pada penyebabnya. Tetapi kerusakan ginjal dapat terus memburuk bahkan ketika kondisi yang mendasarinya, seperti diabetes mellitus atau tekanan darah tinggi telah sembuh.

Jika ginjal Anda tidak dapat membuang limbah dan cairan sendiri, Anda memiliki penyakit ginjal stadium akhir. Anda memerlukan cuci darah atau transplantasi ginjal. Berikut pengobatan untuk gagal ginjal stadium akhir:

1. Dialisis

Dialisis secara artifisial menghilangkan produk limbah dan cairan ekstra dari darah Anda ketika ginjal Anda tidak dapat lagi melakukan ini. Dalam hemodialisis, mesin menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah Anda.

2. Transplantasi ginjal

Transplantasi ginjal melibatkan pembedahan menempatkan ginjal yang sehat dari donor ke dalam tubuh Anda. Ginjal yang ditransplantasikan dapat berasal dari donor yang sudah meninggal atau masih hidup. Setelah transplantasi, Anda harus minum obat selama sisa hidup Anda agar tubuh Anda tidak menolak organ baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro