Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Memudarkan Flek Hitam dengan Cepat

Mengonsumsi vitamin C adalah cara untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam. Simak cara lain untuk menghilangkan flek hitam.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  07:38 WIB
6 Tips Memudarkan Flek Hitam dengan Cepat
Flek hitam pada wajah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi terjadi karena paparan sinar matahari atau juga karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Flek hitam bisa dicegah dan bisa disamarkan dengan cara cepat, tanpa menimbulkan efek samping lainnya. Namun, sebelum mengatasi bintik hitam, maka diagnosis sangat penting.

Ini cara untuk memudar flek atau bintik hitam:

1. Gunakan Tabir Surya

Bintik-bintik gelap akan terus menjadi gelap bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari setiap hari. Oleh karena itu setidaknya untuk mencegahnya menjadi gelap, menggunakan tabir surya akan menjadi keharusan. Anda juga dapat menggunakan pelindung matahari tambahan seperti topi bertepi lebar atau payung.

2. Pengelupasan

Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk mengungkapkan kulit baru dan merata di bawah lapisan atas sel kulit mati. Namun, hati-hati dengan pengelupasan fisik terutama jika Anda memiliki pigmentasi. Itu bisa memperburuk pigmentasi.

Pengelupasan kimia di sisi lain akan bekerja untuk mengangkat sel-sel mati dan juga menghilangkan lapisan berat melanin di atas pigmentasi untuk mengungkapkan warna kulit yang lebih merata. Asam glikolat, asam Azelat, asam laktat, dan retinol adalah bahan pengelupas kimia yang sangat baik dan tersedia dalam berbagai kekuatan, kombinasi, dan formulasi. Bicaralah dengan dokter kulit Anda untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk kulit Anda.

3. Krim dan serum depigmentasi

Banyak agen depigmentasi hebat tersedia dalam bentuk krim dan serum. Ini memecah pigmen dan mencegah lebih banyak pembentukan melanin. Krim mengandung Arbutin, asam Kojic, ekstrak licorice dan Niacinamide memecah pigmentasi selain juga memiliki tindakan tambahan individu yang berbeda.

4. Vitamin C

Terutama sebagai antioksidan, membantu mengurangi sintesis melanin yang berlebihan dengan membatasi kerusakan yang berkurang secara gratis, secara real time, ketika diterapkan pada kulit. Penggunaan vitamin C topikal dalam waktu lama dapat membantu memudarkan bintik hitam. Oral vitamin C adalah cara lain untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam.

5. Glutathione

Antioksidan kuat lainnya bila dikonsumsi secara oral mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan karenanya memudarkan bintik hitam.

6. Perawatan profesional

Terutama perawatan Q-switched Laser adalah cara terbaik, teraman dan tercepat untuk memudarkan bintik hitam. Laser adalah teknologi paling canggih yang tersedia saat ini yang dapat memecah pigmentasi sepenuhnya tanpa merusak kulit di sekitarnya atau di atasnya. Ini juga bebas dari efek samping apa pun jika dilakukan oleh dokter kulit yang berkualifikasi menggunakan mesin yang disetujui FDA AS.

Ini dapat memudarkan bintik-bintik dengan cepat dan masuk dalam metorde perawatan yang efisien dan canggih. Pengelupasan kimia juga dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Di sisi lain, satu atau lebih perawatan mungkin diperlukan untuk memudarkan setiap atau berbagai jenis pigmentasi. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis jenis pigmentasi yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda dan juga mendiskusikan rencana perawatan individual terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah vitamin c matahari
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top